Find and Follow Us

Jumat, 13 Desember 2019 | 21:21 WIB

Anjing Ini Temukan Kanker di Tubuh Pemiliknya

Oleh : Santi Andriani | Minggu, 29 Juli 2012 | 12:36 WIB
Anjing Ini Temukan Kanker di Tubuh Pemiliknya
dailymail.co.uk
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Rawlinson, wanita berusia 43 itu awalnya merasa terganggu dan terus mengabaikan kebiasaan Penny yang mengendus-ngedus payudaranya selama berbulan-bulan, seperti menemukan benda asing yang aneh.

Namun kini dia menyebut anjing berusia 18 bulan itu sebagai malaikat pelindungnya dan tidak berhenti mengucapakan terimakasih, karena ternyata dalam payudaranya ditemukan benjolan yang didiagnosa dokter sebagai tumor yang tengah berkembang menjadi kanker di payudarannya itu.

"Penny itu mengais-ngais payudara saya untuk beberapa minggu, seolah-olah dia sedang berusaha untuk mendapatkan sesuatu dari payudara kiri saya, tapi saya mengabaikannya," kata Rawlinson yang berasal dari Newark, Nottinghamshire, seperti dikutip dailymail.

Hingga akhirnya suatu malam, Rawlinson merasakan sakit yang luar biasa pada payudaranya seperti disengat seribu lebah dan memutuskan untuk menemui dokter di rumah sakit umum.

Pemindaian yang dilakukan dokter menemukan fakta bahwa dia menderita kanker payudara. Sejak saat itu yaitu sekitar Januari lalu, Rawlinson mulai mendapatkan kursus kemoterapi di Nottingham Breast Institute dan akan menjalani operasi pengangkatan tumor, Senin mendatang.

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai seorang pengawas sekolah parttime ini berkata: "Anjing tidak hanya teman terbaik manusia, mereka teman terbaik untuk seorang gadis juga. Siapa yang butuh berlian?"

Para peneliti di Jerman tahun lalu menemukan bahwa khusus anjing terlatih dapat mendeteksi tumor di 71% pasien.

Hal ini karena diperkirakan bahwa tumor memproduksi bahan kimia, termasuk konsentrasi rendah alkana dan senyawa aromatik, yang anjing dengan indera penciumannya 100.000 kali lebih baik daripada yang dimiliki manusia dapat mendeteksi adanya senyawa kimia itu.

Dr Jacqueline Boyd, pemimpin untuk biologi hewan di Nottingham Trent University, mengatakan, "Mereka jauh lebih selaras dengan kita daripada spesies lainnya. Ada banyak bukti anekdot untuk mengatakan anjing telah mendeteksi kanker dan mereka sangat responsif terhadap sesuatu. Ini tidak mengejutkan saya anjing ini mendeteksi kanker pemiliknya. Ini adalah cerita yang indah dan memperkuat nilai keseluruhan dari hewan dan persahabatan mereka." [mor]

Komentar

Embed Widget
x