Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 06:52 WIB

Suntik Botoks Tak Efektif Atasi Migrain?

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Selasa, 22 Mei 2012 | 14:05 WIB
Suntik Botoks Tak Efektif Atasi Migrain?
IST
facebook twitter

INILAH.COM,Jakarta - Suntikan botoks yang sering menjadi 'pelarian' jika ingin awet muda, ternyata telah diklaim tak efektif mengatasi gangguan migrain.

Dilansir Genius Beauty, pada penelitian sebelumnya diungkapkan bahwa suntik botoks ampuh atasi migrain. Namun berangsurnya waktu, suntikan yang berasal dari botulinum toxin A ini ternyata tak begitu mujarab untuk mengatasi sakit kepala alias migrain.

Botox merupakan racun saraf yang diproduksi dari bakteri Clostridium botulinum dan bekerja sebagai kosmetik dengan cara melumpuhkan otot-otot yang menyebabkan kerutan.

Saat ini prosedur ini sudah resmi digunakan di Inggris, Amerika Serikat dan beberapa negara lain untuk mengatasi migrain kronis dengan menyuntikkannya di 39 titik di otot kepala dan leher.

Penelitian itu mengungkapkan pasien yang disuntik dengan Botox untuk mengobati sakit kepala migrain, memiliki hasil yang sangat sederhana dalam mengurangi rasa sakit.

Misalnya, mereka yang menderita migrain 18-20 bulan, berhasil menghindari hanya 1-2 kasus migrain. Dan mereka yang memiliki 5-6 bulan migrain tidak memiliki pengurangan jumlah mereka sama sekali.

Sementara beberapa mencatat efek samping dari suntikan. Kelemahan otot diamati sembilan kali lebih sering pada pasien, diobati dengan Botox. Ada juga keluhan nyeri di leher dan punggung.

Tak hanya itu, tim peneliti menyebutkan, biaya obat yang dikeluarkan cukup tinggi, yakni US$1.000 per dosis untuk orang yang menderita migrain kronis. Semua ini membuat kita meragukan kemampuan botoks sebelumnya diiklankan untuk mengobati migrain efektif. [mor]

Komentar

Embed Widget
x