Find and Follow Us

Jumat, 22 November 2019 | 09:49 WIB

Makan Permen Karet, Memori Cepat 'Rusak'?

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Sabtu, 19 Mei 2012 | 15:30 WIB
Makan Permen Karet, Memori Cepat 'Rusak'?
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Konsumsi permen karet yang diklaim bisa memutihkan gigi dan mengusir rasa galau ternyata berbahaya bagi kesehatan otak. Mengapa?

Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam Quarterly Journal of Experimental Psychology menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat merusak memori jangka pendek.

Dilansir sciencespace, penelitian di University of Cardiff di Inggris tersebut melakukan pengujian terhadap beberapa relawan yang menghafal urutan huruf sambil mengunyah permen karet.

Sebuah kelompok kedua kemudian diminta melakukan hal sama, tapi diperintahkan mengunyah secara alami. Pada uji ketiga, peserta diminta menemukan huruf yang hilang dalam urutan acak sambil mengunyah permen karet.

Hasil studi menemukan, makan permen karet di semua situasi menyebabkan gangguan memori jangka pendek semua peserta. Temuan yang sama juga terjadi saat permen karet digantikan dengan menggigiti jari.

Namun para peneliti memeringatkan bahwa permen karet dengan rasa tertentu mungkin dapat menghapus dampak negatif gangguan memori.

Kehilangan memori jangka pendek dapat diperangi dengan meningkatkan asupan zat besi melalui makanan, seperti tahu, bayam, kacang pinto dan daging merah tanpa lemak. Apel dan blueberry juga baik dikonsumsi karena kaya antioksidan. [mor]

Komentar

Embed Widget
x