Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Juli 2018 | 01:11 WIB
 

Obat Baru Bagi Penderita Serangan Jantung

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Senin, 30 April 2012 | 14:15 WIB
Obat Baru Bagi Penderita Serangan Jantung
dailymail

INILAH.COM,Jakarta - Serangan jantung menjadi penyakit yang menakutkan bagi setiap orang. Selain datang tiba-tiba, seragan jantung juga bisa memperpendek usia penderitanya.

Karenanya, berbagai cara dilakukan untuk melakukan pencegahan mulai dari konsumsi obat-obatan seperti aspirin sampai cara alami seperti menggunakan paparan sinar matahari.

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa sinar matahari ampuh mengobati pasien serangan jantung dan mencegah kerusakan permanen akibat penyakit tersebut.

Dilansir Dailymail, para ilmuwan yang tergabung dalam penelitian tersebut bahwa pasien serangan jantung bisa pulih lebih cepat di rumah sakit jika terkena paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari diyakini bisa mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh serangan jantung.

Menurut para ahli, hal ini terjadi karena jam tubuh atau biasa disebut irama sirkandian, yang dikaitkan dengan keadaan gelap dan terang. Ritme sirkandian diatur oleh protein di otak. Dan protein yang sama juga ditemukan dalam jantung.

Ahli jantung, Tobias Eckle dari University of Colorado di Denver bersama rekannya menemukan salah satu link protein untuk jam tubuh, yang disebut dengan periode 2. Periode 2 memainkan peran penting dalam menangkis kerusakan akibat serangan jantung.

Selama serangan jantung, jumlah oksigen sangat sedikit dan terkadang tidak sampai ke jantung. Tanpa oksigen, jantung harus beralih ke bahan bakar lainnya, yaitu lemak untuk glukosa. Tanpa perubahan metabolisme jantung, sel akan mati dan jantung akan rusak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa protein periode 2 sangat penting untuk perubahan bahan bakar dari lemak ke glukosa, dan bisa membuat metabolisme jantung lebih efisien.

Tim peneliti menemukan bahwa cahaya matahari mengaktifkan protein periode 2 pada hewan dan memotong kerusakan dari serangan jantung. [mor]

Komentar

Embed Widget

x