Senin, 22 Desember 2014 | 21:09 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Mayat Manusia Tanpa Bau di Kuburan Trunyan
Headline
beritajatim.com
Oleh:
gayahidup - Jumat, 9 Juli 2010 | 14:59 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Denpasar - Kuburan Trunyan menyimpan mayat dan tengkorak manusia tanpa bau. Maklum, aroma pohon Trunyan mampu menghilangkan bau tak sedap.

Untuk bisa sampai ke kuburan di Desa Trunyan, Bangli, Bali, harus melewati laut dengan jarak waktu 20 menit. Pengunjung bisa menggunakan perahu motor seharga Rp400.000. Perahu itu mampu mengangkut tujuh penumpang.

Sesampainya di kuburan, ada papan berukuran 1,5 x 1 meter bertuliskan Welcome to Kuburan Desa Terunyan. Setelahnya ada gapura kecil dan pepohonan besar, pohon Trunyan.

Ada enam jenazah berusia dua minggu yang ditidurkan dan hanya ditutup kain putih. Jenazah yang hanya terlihat kaki dan kepala itu, dipagari dengan anyaman bambu yang ditancapkan berbentuk kerucut. Anehnya, walaupun jenazah tersebut sudah dua minggu, tetapi tidak menimbulkan aroma busuk. Termasuk gangguan dari serangga seperti ulat, lalat, dan lainnya.

Syaukran, wisatawan asal Gresik kepada beritajatim.com, Rabu (7/7) mengatakan, "Yang jelas, antara percaya dan tidak. Masa orang mati hanya diletakkan di tanah, diselimuti kain putih, terus kepalanya terbuka, kok tidak berbau. Tidak ada satupun ulat busuk yang mengerubungi, padahal sudah dua minggu. Kami agak percaya, ada pohon Terunyan besar ada di dalam makam."

Sekadar menginformasikan, untuk wisatawan yang datang ke kuburan Trunyan, wajib bersedekah dengan sukarela untuk membantu perawatan kuburan tanpa bau itu.
"Silakan memberikan sedekah, Pak. Untuk perbaikan dan kami," kata petugas jaga atau juru kunci.
I Ketut Sukarno, warga Desa Trunyan menceritakan, Desa Trunyan disebut juga Desa Kayu Wangi yang artinya Desa Pohon Harum. "Itu artinya Pohon Nyan (menyan, red) atau wangi (harum, red). Jadi, kalau digabung Terunyan, pohon yang wangi, warga kami percaya pohon Trunyan bisa menyedot bau tak sedap mayat di tempat pemakaman," terangnya.

Untuk pemakaman, tidak semua orang bisa menyemayamkan atau mapasah jenazah di kuburan Trunyan. Sebab, pemakaman itu dikhususkan hanya untuk orang yang dianggap bersih.

"Seperti mati tua tapi yang sudah berkeluarga. Tetapi mati tua tapi belum pernah nikah tidak boleh. Begitu juga mati akibat kecelakaan juga tidak boleh," paparnya. [aji/mor]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
6 Komentar
faisal sultoni
Senin, 26 Maret 2012 | 19:04 WIB
saya kesana tahun 2000, cuma bayar 25 ribu campur dengan rombongan/penumpang lain memakai perahu, nyembrang sampe trunyan....indah sekali pemandangan sepanjang danau...Tapi...tahun 2011 aku sesana lagi...waduhhhh....aku di sodorin tarif 450 ribu untuk sekeluarga (3 orang)....wahwah...gak beres nih....
Dilla
Kamis, 8 September 2011 | 14:19 WIB
medeni laaaahh.. mrindinggg haha :D
Kade
Rabu, 17 Agustus 2011 | 14:29 WIB
Makasih, dah mau promosiin Makam Trunyan. Terus terang, mujhe senang. Makam kesayangan warga-warga di Trunyan termasuk mujhe itu bisa dipromosiin. Mujhe harap setelah ini makin banyak yang maen ke sini.
KadeTriSuhermina
Rabu, 17 Agustus 2011 | 14:25 WIB
Kto, klo yang ke Makam Trunyan ini banyakan warga asli Trunyan. Kto, klo yang bukan warga asli Trunyan banyakan wartawan yang maen ke Makam Truyan. Kto, sing klo ada yang mo ke sini. Sing ntar ketemu. Sing maen ke rumah mujhe.
chiLaa
Senin, 2 Mei 2011 | 08:56 WIB
kereeennn . jadi pengen ksana en pengen tau seLengkapny:)
wuland
Jumat, 29 April 2011 | 14:54 WIB
agK SreM v pnGn cobA dTg daN LiiaT LngsUng
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER