Kamis, 24 Juli 2014 | 07:15 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Lingkar Pinggang Ideal, Jantung Sehat
Headline
Oleh: Liana Garcia
gayahidup - Rabu, 6 Januari 2010 | 22:49 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Jakarta - Memiliki lekukan pinggang ideal? Hmm.. ini adalah idaman setiap perempuan. Berbagai cara pun ditempuh untuk mendapatkan porsi ideal ini.

Mulai dari perawatan di salon atau spa untuk mengurangi lemak, sampai menjalani tindakan operasi kosmetik. Semua demi penampilan. Tidak banyak yang melakukan hal tersebut demi kesehatan.

Berdasarkan penelitian yang dipaparkan dalam simposium American Heart Association (Asosiasi Jantung Amerika), baru-baru ini dinyatakan bahwa pinggang berukuran besar adalah indikasi risiko tinggi serangan jantung atau penyakit jantung serius.

Menurut Dr Robert Eckel, Ketua Asosiasi Jantung Amerika, lingkar pinggang merupakan hal yang penting diperhatikan. "Jadi, karena berhubungan erat dengan kesehatan, sebaiknya kita tidak hanya melakukan pengecilan pinggang atas alasan penampilan," paparnya.
Agar tidak salah kaprah dan bentuk pinggang terlihat ideal, serta jantung tetap sehat ia pun memberikan beberapa tip yang dikutip dari WebMD

1. Ubah kebiasaan makan

Perilaku makan sehat diketahui dapat menghambat penimbunan lemak di sekitar perut. Menuruti keinginan makan enak sebenarnya hanya memuaskan selera makan dan memanjakan lidah. Setelah melewati kerongkongan, kelezatan makanan sudah tidak terasa. Jadi, agar bisa merasakan kelezatan makanan secara optimal, kunyahlah makanan sebanyak 30 kali setiap kali menyuap.

Selain memanjakan lidah dengan rasa makanan, kunyahan yang optimal membuat kegiatan makan lebih sedikit, karena sistem pencernaan bisa lebih cepat mencerna makanan, dan rasa lapar tidak lagi dirasakan.

2. Kenali jenis makanan sehat dan tidak sehat.

Secara umum makanan sehat adalah makanan yang tidak enak di lidah karena hanya mengandung sedikit minyak jenuh. Sedangkan makanan yang tidak sehat, justru terasa enak di lidah, namun memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi.

3. Hindari Metode Pengecilan Perut Instan.

Membakar kalori yang telah masuk ke dalam tubuh, relatif sulit. Menurut perhitungan pakar olahraga, tubuh membutuhkan waktu satu jam bergerak seperti joging, jalan cepat, untuk membakar 500 kalori. Padahal jika dikonversi ke bentuk makanan tertentu, maka 500 kalori itu hanya berwujud sepotong pisang molen.

4. Berolahraga

Bergerak secara rutin adalah hal yang harus dilakukan untuk membakar lemak tubuh, termasuk lemak yang berada di sekitar lingkar pinggang.
Cobalah beberapa gerakan sederhana berikut ini:
1. Menurunkan & menaikkan kaki
a. Tidurlah telentangkan. Posisikan kedua tangan di samping badan, telapak tangan menghadap ke bawah. Tekuk kedua tungkai kaki. Angkat kedua kaki hingga membentuk sudut 90 derajat. Tarik otot-otot perut hingga terjadi kontraksi dan rasakan pinggang menekan lantai.
b. Tarik napas, dan turunkan kaki kiri dalam dua hitungan. Gerakkan tungkai hanya dari pinggul dan posisi jemari menegang berlawanan dari pergelangan kaki. Hentikan kaki beberapa centimeter dari lantai. Hembuskan napas dan kembalikan kaki kiri ke posisi awal dalam dua hitungan.
Ulangi gerakan yang sama pada kaki kanan dan lanjutkan secara bergantian sehingga 12 kali hitungan untuk setiap kaki.
2. Memutar tubuh
a. Posisikan tubuh seperti latihan pertama. Namun, letakkan kedua telapak tangan di belakang kepala. Kemudian angkat kepala, leher, dan bahu dari lantai.
b. Sambil menarik napas, putarlah badan ke kiri. Gerakkan lutut kiri ke arah bahu kanan, dan rentangkan kaki kanan ke arah langit-langit pada garis diagonal dari pinggul. Saat menghembuskan napas, berputarlah ke kanan, gerakkan tungkai kaki kanan ke arah bahu kiri dan rentangkan kaki kiri ke arah langit-langit pada garis diagonal dari pinggul. Lakukanlah gerakan ini sebanyak enam kali untuk setiap sisi tubuh. [mor]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER