Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 20 Januari 2018 | 14:26 WIB
 

Jangan Anggap Remeh

Kurang Tidur Ganggu Kesehatan Jantung

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 4 Januari 2018 | 15:37 WIB
Kurang Tidur Ganggu Kesehatan Jantung
(Foto: boldsky)

INILAHCOM, Jakarta - Apakah Anda tidak cukup tidur karena belajar sepanjang malam atau mengutamakan bisnis yang penting? Lantas apa akibatnya jika tubuh Anda kurang tidur?

Mengutip dari boldsky, Kamis (04/01/2018), sesekali kekurangan tidur mungkin berdampak pada tubuh yang bisa menjadi intens dan efek kurang tidur bisa berlanjut. Tidur, seiring dengan diet dan olahraga seimbang, merupakan dasar kesehatan yang baik.

Tidur tidak nyenyak kronis akan membawa Anda pada peningkatan risiko kondisi medis serius seperti diabetes, obesitas dan penyakit jantung. Kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan produksi kortisol tubuh, yang juga dikenal sebagai hormon stres.

Hal ini juga menyebabkan fungsi hormon yang tidak tepat. Hal ini juga dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, yang menyebabkan diabetes tipe 2. Berikut adalah rincian dari apa yang terjadi bila Anda tidak tidur selama sehari.

1. Jatuh Sakit

Kurang tidur yang tepat dapat mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk melawan penyakit, yang membuat mudah jatuh sakit. Tampaknya ada hubungan timbal balik antara tidur dan sistem kekebalan tubuh Anda.

Sistem kekebalan tubuh Anda akan lemah, yang akan membuat Anda jatuh sakit.

2. Jantung Anda Menderita

Durasi tidur yang pendek dan panjang, yang mungkin kurang dari lima jam atau lebih dari sembilan jam, masing-masing, telah terbukti berdampak negatif pada kesehatan Anda. Anda juga memiliki kemungkinan peningkatan penyakit jantung koroner atau mengalami stroke jika Anda kurang tidur.

3. Meningkatkan Risiko Kanker

Jika Anda memiliki durasi tidur yang paling singkat, Anda memiliki kesempatan terkena kanker payudara, kanker usus besar dan kanker prostat. Pekerja yang terbiasa bekerja semalam mungkin juga menderita risiko kanker yang tinggi .

4. Pengaruhi Fungsi Otak

Pada satu malam, tidur dapat menyebabkan beberapa masalah kognisi utama (pemikiran). Tidur yang tidak tepat akan mempengaruhi otak Anda sebagian besar dan Anda akan kehilangan energi untuk berpikir kreatif atau memahami sesuatu dengan jelas. Jadi, untuk menghindari masalah berpikir, Anda harus benar - benar tidur dengan nyenyak.

5. Hormon Seks Menurun

Tidak cukup tidur setiap hari bisa mengurangi gairah seks Anda. Pria muda yang kehilangan tidur selama satu minggu menunjukkan penurunan kadar testosteron.

Kurang tidur kurang dari lima jam mengurangi kadar hormon seks hingga 10 sampai 15 persen.

6. Bertambah berat Badan

Kurang tidur bisa membuat Anda berkemas dengan kalori ekstra. Orang yang tidur kurang dari lima jam setiap malam lebih cenderung bertambah berat badan dan akhirnya menderita obesitas. Orang yang tidur selama 7-8 jam akan mendapatkan jumlah tidur yang nyenyak dan karenanya membuat mereka merasa segar dan berenergi.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x