Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 13 November 2018 | 12:22 WIB

Ingin turunkan Berat Badan, Begini Caranya

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Sabtu, 30 Desember 2017 | 20:20 WIB

Berita Terkait

Ingin turunkan Berat Badan, Begini Caranya
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Metabolisme adalah proses pemecahan makanan untuk pencernaan yang tepat dan menyediakan nutrisi yang diperlukan ke berbagai organ tubuh.

Dalam istilah awam, metabolisme tubuh Anda adalah seberapa cepat tubuh Anda mencerna makanan yang dikonsumsi dan mencegahnya untuk tidak menyimpan lemak. Metabolisme memiliki hubungan langsung antara menurunkan berat badan.

Semakin tinggi tingkat metabolisme tubuh Anda, semakin kecil kemungkinan Anda untuk mendapatkan berat badan. Hidup akan menjadi jauh lebih mudah jika kita bisa makan makanan tertentu dan mencegah kenaikan berat badan. Nah, mari kita lihat makanan yang bisa membantu kita untuk meningkatkan tingkat metabolisme tubuh

1. Makanan kaya protein

Makanan kaya protein meliputi ikan, daging, telur dan produk susu. Bahkan kacang dan biji bisa bertindak sebagai agen efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda dalam beberapa jam.

Karena protein sulit dicerna, lebih banyak energi yang terlibat dalam mencernanya dan karenanya tidak ada penambahan berat badan. Ini dikenal sebagai efek thermic food (TEF). TEF mengacu pada jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk mencerna, menyerap dan memproses nutrisi dalam makanan Anda.

Protein juga akan membantu Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama dan karenanya mencegah Anda dari makan berlebih.

2. Zat Besi, Zinc dan Selenium kaya Mineral

Ini memainkan peran yang sangat penting dalam berfungsinya tubuh. Ketiganya diminta menyeimbangkan kadar tiroid di tubuh. Dan itu pada gilirannya mengatur metabolisme. Kelenjar tiroid mengeluarkan hormon, yang memastikan proses metabolisme lebih cepat dan pencernaan makanan yang cepat terjadi.

3. Kopi

Ini mungkin akan menjadi kabar baik bagi semua pecandu kopi di luar sana. Kopi terlihat memiliki tingkat metabolisme yang meningkat secara signifikan sebesar 11 persen.

Kafein juga membantu meningkatkan tingkat energi Anda, sehingga memberi Anda lebih banyak stamina untuk berolahraga.

4. Teh

Sama seperti kopi, teh juga merupakan makanan super efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Teh hijau, khususnya, membantu mempercepat proses metabolisme tubuh Anda. Teh hijau juga membantu membakar lemak yang sudah ada di tubuh dan mengubahnya menjadi energi, sehingga menyebabkan penurunan berat badan. Ini adalah pilihan yang jauh lebih sehat daripada kopi dan sangat efektif juga.

5. Rempah - rempah

Seperti disebutkan sebelumnya, cabe merupakan sumber senyawa metabolisme yang sangat baik. Dengan cara yang sama, rempah-rempah memiliki hubungan yang sangat baik dengan meningkatkan tingkat metabolisme tubuh.

Menambahkan satu sendok jahe ke teh Anda akan menghasilkan keajaiban dan mempercepat pencernaan. Cabe rawit memiliki efek serupa pada tubuh dan membantu meningkatkan metabolisme.

6. Minyak Kelapa

Ada banyak manfaat dari minum air kelapa. Bahkan minyak yang diekstraksi darinya sangat menguntungkan dan bisa membantu dalam banyak hal. Ini mengandung lemak rantai menengah yang lebih sehat daripada kebanyakan minyak sulingan yang dikonsumsi orang.

Lemak ini membantu untuk secara langsung mengubah lemak menjadi energi. Mereka juga dikenal untuk mempercepat tingkat metabolisme di tubuh Anda. Jadi, ini adalah beberapa makanan murah dan mudah didapat yang bisa Anda makan sekaligus kehilangan berat badan ekstra itu. Ini juga akan meningkatkan kesejahteraan keseluruhan tubuh.(tka)

Komentar

Embed Widget
x