Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 11:33 WIB

Inilah Jembatan Emas, Ikon Baru Bangka Belitung

Oleh : Aris Danu | Selasa, 19 Desember 2017 | 22:26 WIB
Inilah Jembatan Emas, Ikon Baru Bangka Belitung
(Foto: Istimewa)

INILAH.COM, Jakarta-Setelah pantai Laskar Pelangi yang dikenal karena keelokannya, kini Provinsi Bangka Belitung memiliki ikon wisata baru yaitu Jembatan Emas yang akan diresmikan jelang tutup tahun.

Jembatan Batu Rusa II atau yang lebih tenar dengan sebutan Jembatan Emas ini didirikan di era Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan. Jembatan yang memiliki lebar 23,2 meter dan panjang 784,5 meter akan diresmikan pada Jumat, 29 Desember 2017.

Jika melihat namanya, jembatan yang dibangun sejak tahun 2009 ini cukup unik, yakni Emas (Eko Maulana Ali Suroso) mengambil nama Gubernur Babel di masa periode 2007-2012 dan 2012-2017.

"Jembatan Emas dibangun dengan konstruksicable staydan sistembascule(jungkit) pada bentang tengahnya. Sistembasculedigunakan untuk mendukung lalu lintas kapal di Sungai Batu Rusa menuju pelabuhan Pangkalan Balam. Dan dengan sistemcable stay, jembatan mampu menjadi pengaman bagi kapal kapal yang masuk tanpa izin," kata Erzaldi Rosman Djohan dalam wawancara di Jakarta, baru-baru ini.

Erzaldi mengatakan, pembuatan jembatan ini merupakan upaya Pemprov Babel untuk menggenjot sektor wisata. Selain tentu saja sektor pertambangan yang sudah ada di Babel.

"Kita sangat butuh mengkonektifitaskan setiap daerah di Bangka Belitung, salah satunya memperkuat sektor pariwisata dengan meneruskan proyek pembangunan dan meresmikan Jembatan Emas," ujarnya.

Hadirnya Jembatan Emas ini diharapkan dapat menjadi ikon baru Kepulauan Babel sekaligus menambah destinasi wisata Babel. Sebab, wisatawan yang melintasi jembatan dapat melihat langsung suasana dan keindahan Pantai Air Anyir, Pasir Padi yang terletak di Kotamadya Pangkal Pinang dan PLTU Air Anyir di Kabupaten Bangka.

Pada peresmian jembatan nanti, lanjut Erzaldi, pihaknya akan menggandeng Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Provinsi Kepulauan Babel. Peresmian akan dirangkai dengan konser musik Jazz On The Bridge yang melibatkan musisi Indonesia Idang Rasjidi, Tompi, Fariz RM, Mus Mujiono.

"Insya Allahjika tak berhalangan Bapak Presiden akan hadir, bahkan Ibu rini juga kita undang, karena infrastruktur yang dibangun BUMN. Doakan saja, peresmian jembatan EMAS bisa berjalan lancer," demikian Erzaldi.

Komentar

x