Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 27 Mei 2018 | 04:51 WIB
 

Indikasi Anak Kekurangan Serat

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 19 Desember 2017 | 13:34 WIB
Indikasi Anak Kekurangan Serat
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Masalah asupan sayur dan buah pada anak menjadi salah satu hal yang memprihatinkan di Indonesia. Lantas, apa saja indikasi anak ketika kekurangan serat?

Menurut konsultan Gastrohepatologi anak, dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A(K), menjelaskan, konsumsi sayur dan buah yang belum memadai dapat berpengaruh pada suplai vitamin, mineral, serta serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Buah - buahan dan sayuran memberikan kontribusi dalam membentuk pola konsumsi pangan melalui kandungannya yang kaya akan vitamin, mineral, serat, enzim pencernaan dan air yang diperlukan manusia.

"Ada beberapa indikasi pada anak yang kekurangan serat. Mulai dari sakit perut berulang, konstipasi, gangguan perilaku, dan mengalami penyakit tidak menular," papar konsultan Gastrohepatologi anak, dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A(K) di acara SGM Eksplor buah dan sayur dukung kebiasaan makan sehat, Jakarta, Selasa (19/12/2017).

Masih menurutnya, berbagai sumber vitamin dan mineral bisa diperoleh dari konsumsi sayur dan buah yang dapat berperan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan, dan dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, beberapa jenis kanker dan obesitas.

"Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk konsumsi sayur dan buah dalam jumlah cukup sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang telah ditentukan berdasarkan kelompok umur," tambahnya.

Dia menjelaskan, untuk usia 1-3 tahun membutuhkan sekitar 16 gram serat per hari. Hal ini setara dengan konsumsi tiga apel atau tiga pisang.

"Misalnya, makan pagi 1 pisang sekitar 5 gram serat, bisa diganti dengan 30 gram bayam (7 gram serat). Untuk makan sore, bisa konsumsi brokoli 30 gram berisi 9 gram serat. Ini tidak terlalu sulit bagi orang tua untuk mempersiapkan," ujarnya.

Kemudian untuk usia 4-6 tahun, membutuhkan sekitar 22 gram serat, selanjutnya untuk usia 7-9 tahun membutuhkan 26 gram serat, dan yang terakhir kelompok usia 10-12 tahun membutuhkan 30 gram serat.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x