Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 00:29 WIB

15 Persen Masyarakat yang Paham Tentang Kesehatan

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 13 Desember 2017 | 15:15 WIB

Berita Terkait

15 Persen Masyarakat yang Paham Tentang Kesehatan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek (kiri) saat meninjau siswa SMA Negeri 33 melakukan imunisasi vaksin Difteri di SMA Negeri 33 Jakarta, Cengkareng, Jakarta Barat - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Kesehatan melakukan pendataan tentang indeks Kesehatan. Ternyata, hanya sekitar 15 persen masyarakat yang paham soal kesehatan.

Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila F Moeloek, menjelaskan, hal ini perlu digenjok lebih lagi agar 85 persen masyarakat lainnya dapat mengerti tentang kesehatan.

"Jadi dari pendataan ini, angka sementara hampir sekitar 4 juta yang sudah masuk ternyata 15 - 16 persen yang mencapai indeks kesehatan yang sehat. Artinya hanya 15 persen masyarakat kita yang paham tentang kesehatan. Nah, bagaimana tidak sakit kalau begitu," papar Menkes RI Nila F Moeloek di acara Rakor Pop, Jakarta, Selasa (13/12/2017).

Masih menurutnya, karena itu, sasaran diadakan Rakor Pop adalah regional program. Program yang dilakukan adalah Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga.

"Pendekatan keluarga itu kita harapkan di Puskesmas ini proaktif. Tentu yang mendekati masyarakat adalah fasilitas kesehatan layanan primer yaitu Puskesmas untuk mendatangi sampai keluarga. Sehingga keluarga ini diberikan sentuhan dan diedukasi, diadvokasi, ada masalah apa di keluarga tersebut," tambahnya.

Lewat pendekatan keluarga tersebut tenaga kesehatan di Puskesmas dapat mengevaluasi. Misalnya ada masyarakat yang hipertensi.

"Jangan bangga dengan hipertensi, kita harus edukasi mereka harus cek kesehatan dan mau makan obat, misalnya," ujarnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x