Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Februari 2018 | 10:40 WIB
 

Kejadian Luar Biasa

33 Pasien Difteri Dirawat di RSPI Sulianti Saroso

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 11 Desember 2017 | 16:30 WIB
33 Pasien Difteri Dirawat di RSPI Sulianti Saroso
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek (kanan) menjawab pertanyaan wartawan usai meninjau siswa SMA Negeri 33 melakukan imunisasi vaksin Difteri di SMA Negeri 33 Jakarta, Cengkareng, Jakarta Barat - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pasien yang terjangkit difteri terus meningkat. Hingga saat ini tercatan sekitar 33 pasien yang terkena difteri di rawat di RSPI Sulianti Saroso.

Menteri Kesehatan RI (Menkes), Nila F Moeloek langsung meninjau pasien yang terjangkit difteri di RSPI Sulianti Saroso, Tanjung Priok. Secara klinis, 33 pasien tersebut memang dicurigai terkena difteria.

"Tadi yang dirawat disini ada 33 pasien di ruang isolasi. jadi memang secara klinis dicurigai difteria. Jadi ini bukan dari Jakarta, ada yang dari Depok, Bekasi, Tanggerang, dan Bogor. 33 pasien ini masih dalam pemeriksaan laboratorium," papar Menkes Nila F Moeloek, Jakarta, Senin (11/12/2017).

Sekitar 33 pasien tersebut terdiri dari 22 anak - anak dan 11 orang dewasa. Masih menurut Menkes, mereka memang memiliki antibodi yang menurun.

"11 pasien orang dewasa. Yang 11 ini mereka mendapatkannya dengan kebetulan daya tahan tubuhnya menurun," tambahnya.

Menkes menambahkan, pasien anak - anak tersebut yang diduga secara klinis terkena difteri memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Mengapa? Karena, mereka juga tidak mengikuti imunisasi DPT yang diwajibkan oleh pemerintah untuk anak - anak.

"Kita tadi tanyakan kepada orangtunya, anaknya diimunisasi enggak Bu, jawabnya enggak. Ada alasannya, dia takut panaslah, takut segala, takut macam- macam. empat tahun terakhir tidak dilakukan imunisasi. Jadi daya tahan tubuhnya rendah. Kumannya datang dan terjadinya KLB (Kejadian Luar Biasa) ini dan mereka terinfeksi," papar Menkes Nila. (tka)

Komentar

 
Embed Widget

x