Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 11:21 WIB

Ini Fase Kecemasan Pada Ibu Hamil

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 30 November 2017 | 12:14 WIB
Ini Fase Kecemasan Pada Ibu Hamil
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ibu hamil kerap merasakan kecemasan. Tidak bisa dipungkiri, setiap ibu hamil pernah merasakan hal ini.

Dokter spesialis kandungan MRCCC Siloam Hospital Semanggi, dr. Ardiansjah Dara Syahruddin SpOG, menjelaskan, kecemasan yang dialami para ibu hamil sangat berbeda di setiap trimester kehamilan. Contohnya, pada trimester pertama, ibu hamil merasakan mual dan muntah. Hal itu sangat wajar dialami para ibu hamil.

"Pada trimester kedua, biasanya lebih tidak ada masalah. Kehamilan ini belum terlalu besar dan sekarang malah justru ada ungkapkan baby moon. Kemudian pada trimester ketiga, biasanya ibu merasa cemas dan khawatir karena tanggal kelahiran, ketuban pecan dan anak kurang gerak," papar dr. Ardiansjah Dara Syahruddin SpOG, saat ditemui di acara Teman Bumil, Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Masih menurutnya, setiap ibu hamil harus bisa mengelola stres dengan baik. Hal ini agar tidak berakibat negatif kepada calon buah hati.

"Suasana hati ibu itu sangat berpengaruh bagi perkembangan janin. Jika ibu hamil cemas maka akan berpengaruh bagi bayi. Karena itu, ibu hamil butuh dukungan dari semua pihak terutama orang - orang terdekat," tambahnya. (tka)

Komentar

 
Embed Widget

x