Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 11:15 WIB

Peran Ibu untuk Anak dan Masyarakat

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 27 November 2017 | 14:00 WIB
Peran Ibu untuk Anak dan Masyarakat
(Foto: Inilahcom/Mia Kartikawati)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ibu adalah seorang yang sangat berperan dalam rumah tangga. Tidak hanya itu, di Indonesia, figur Ibu sangat dihormati.

Menurut Notty J. Mahdi, Antropolog Pemerhati Budaya, menjelaskan di Indonesia yang kaya dengan budaya dan tradisi, ibu adalah figur yang sangat dihormati karena berperan besar mulai dari masa kehamilan hingga melepas anak ke jenjang pernikahan.

"Seperti misalnya, ibu menimang nimang bayi, melepas anak pergi untuk merantau atau saat ibu menerima sembah dari sang anak yang akan menikah. Semua bentuk tradisi tersebut terkait erat dengan sentuhan kasih sayang ibu," papar Notty saat ditemui di acara NIVEA Mengapresiasi Sentuhan sayang ibu, Senayan City, Jakarta, Senin (27/11/2017).

Masih menurutnya, selama ini dia menjalankan penelitian kepada para pengrajin tenun dan batik. Ternyata, para pengrajin tenun dan batik yang ada sangat didominasi oleh para ibu.

"Saya meneliti masyarakat tradisi tenun dan batik. Di sana para pembuat batik dan tenun, peran ibu sangat penting. Saya melihat, para ibu menceritakan setiap tenun dan batik kepada anaknya," tambahnya.

Sentuhan ibu kepada anak yang dipraktikan para pengrajin tenun dan batik adalah dengan menceritakan bagaimana proses tenun dan batik yang dibuat. Sejarah pembuatan tenun dan arti dari motifnya pun menjadi salah satu wadah untuk menceritakan kepada buah hatinya.

"Pada saat mereka menenun dan batik adalah mereka bercerita kepada anak. Misalnya dengan motif bahagia, bisa diceritakan, dan motif apapun," katanya.

Tradisi lainnya yang kerap dilihat adalah, banyak para ibu hamil yang bernyanyi untuk anaknya yang masih di dalam kandungan. Ini adalah bentuk sebuah harapan untuk buah hatinya.

"Saya melihat ibu hamil bernyanyi, mereka berharap anak yang lahir itu sesuai harapan sesuai dengan nyanyian yang ibu lantunkan. Setiap ibu memiliki harapan yang baik untuk anaknya. Setiap ibu saat menimang anak, pastinya ingin memberikan doa yang terbaik," paparnya.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x