Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 11:01 WIB
Hide Ads

Sail Sabang 2017 Tumbuhkan Bisnis Berbasis Bahari

Oleh : Arif Budiwinarto | Sabtu, 25 November 2017 | 05:00 WIB
Sail Sabang 2017 Tumbuhkan Bisnis Berbasis Bahari
Sail Sabang 2017 - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki potensi wisata berbasis bahari. Menpar berharap dengan gelaran Sail Sabang 2017 menjadi pintu segitiga emas wisata bahari kawasan Asia Tenggara.

Sail Sabang 2017 yang berlangsung 28 November-5 Desember 2017 akan menghadirkan banyak atraksi bernuansa bahari serta tentunya kebudayaan Aceh. Ratusan Yacht atau perahu pesiar juga akan meramaikan event Sail terbesar di Indonesia tersebut.

Ini tak terlepas dari faktor daya tarik Sabang sebagai salah satu destinasi unggulan untuk wisata bahari dan menjadi favorit bagi yachter dunia karena memiliki taman laut yang indah dan lokasi strategis dekat dengan Langkawi, Malaysia.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, mengatakan pihaknya sudah menandatangani MoU dengan Phuket dan Langkawi agar setelah Sail Sabang 2017 ada nilai ekonomi dan menumbuhkan bisnis baru berbasis bahari.

"Golnya, ada jalur Regatta yang rutin dari Sabang Langkawi Phuket, segitiga yang ke depan akan membangun opportunity baru," tutur Menpar.

Dua negara Thailand dan Malaysia sudah sepakat berkolaborasi dalam mengembangkan yachting. Mereka juga senang diajak Triangular Sailing Passage, antara Langkawi, Phuket dan Sabang.

"Arahnya memang ke sana. Setelah Sail Sabang, 28 November-5 Desember, kami akan membangun segitiga yacht and cruise antara Sabang-Langkawi-Phuket," dia menambahkan.

Harus diakui, Indonesia adalah pemain baru di Marine Tourism, terutama di dunia yacht dan super yacht. Dulu, yacht sangat kecil, karena regulasi yang susah. Lalu ada kebijakan pencabutan CAIT, sehingga izin yacht yang hendak masuk ke Indonesia, lebih cepat.

"Dari sebelumnya 3 Minggu ke 3 jam! Kita ingin seperti Singapore, yang hanya 1 jam," dia memungkasi. [*]

Komentar

 
Embed Widget

x