Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 05:04 WIB

Hari Kesehatan Nasional ke 53

Kemenkes Gelar Senam Perenggangan 10.000 orang

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 8 November 2017 | 14:30 WIB
Kemenkes Gelar Senam Perenggangan 10.000 orang
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Akan ada lebih dari 30 provinsi akan bersama - sama menyelenggarakan senam perenggangan tidak hanya di Jakarta.

Hal tersebut menjadi bagian acara puncak Hari Kesehatan Nasional yang ke 53. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di daerah Car Free Day di area Bundaran HI hingga Monas.

"Tema yang diangkat adalah Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku. Pada program GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat) kami mendorong masyarakat untuk melakukan aktivitas fisik. Kemudian konsumsi makanan sehat yang penting. Memperbanyak makan sayur dan buah, dan sekarang ditambah lagi konsumsi ikan," papar Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan drg. Usman Sumantri,M.Sc, di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Rabu (08/11/2017).

Berbeda dengan tahun lalu, Usman menambahkan, tahun ini keistimewaan yang ditampilkan adalah melalui pendekatan keluarga untuk meningkatkan kesehatan. Hal ini sejalan dengan GERMAS.

"Memang kita dorong pelayanan primer dengan melalui pendekatan keluarga. Kami selalu support gerakan masyarakat hidup sehat. Kami ingin keluarga itu sehat karena itu temanya Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku. Tahun ini kami mengajak seluruh jajaran lainnya, sampai ke daerah - daerah. Mereka sangat baik merespon ini. Kami mengajak sekitar 60 kementrian dan lembaga apapun kesehatan dikaitkan dalam kegiatan kesehatan. Gubernur dan Bupati kalau ke daerah - daerah membicarakan kesehatan. Misalnya tentang diabetes. Untuk mengatur pola makan dan lainnya," tambahnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menarik animo masyarakat tidak hanya di Jakarta tetapi juga di luar daerah.

"Tidak hanya di Jakarta, tapi di Provinsi dan kota besar lainnya yang juga menyelenggarakan kegiatan Car Free Day. Diharapkan kegiatan ini akan masuk dalam catatan rekor MURI," papar Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat dr. Kuwat Sri Hudoyo, MS.

Selain itu, untuk tetap meningkatkan kesehatan masyarakat, Kementerian kesehatan juga menyediakan tes kesehatan untuk penyakit tidak menular. Setidaknya, ada sekitar tiga tes kesehatan.

"Kemungkinan ada tiga tes kesehatan yang ditujukan untuk menekan penyakit tidak menular. Diantaranya adalah tes tekanan darah, tes gula darah, dan tes kolesterol," tambahnya.

Komentar

 
Embed Widget

x