Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 00:41 WIB
Hide Ads

Wisata Halal Kini Jadi Pilihan Keluarga Indonesia

Oleh : Uji Sukma Medianti | Selasa, 10 Oktober 2017 | 13:46 WIB
Wisata Halal Kini Jadi Pilihan Keluarga Indonesia
Direktur Utama PT Cheria Halal Holiday Cheriatna. - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kalau Anda ingin plesiran ke luar negeri namun khawatir soal makanannya haram, dan tak ingin meninggalkan salat lima waktu, ada solusinya. Silahkan coba Wisata Halal.

Adalah PT Cheria Halal Holiday, salah satu perusahaan Tour & Travel yang menyediakan paket Wisata Halal. Destinasinya ada yang dalam negeri dan luar negeri. Dijamin, tak kalah menarik dengan paket wisata perusahaan tour & travel lainnya.

"Wisata Halal kami, sama dengan wisata umum lainnya. Hanya yang membedakan adalah makanan yang kami sediakan dijamin halal," papar Cheriatna, Direktur Utama PT Cheria Halal Holiday.

Ya, benar. PT Cheria Halal Holiday menyediakan paket Wisata Halal dengan tujuan dalam dan luar negeri yang beragam. Untuk dalam negeri, mulai tujuan terdekat Bogor, Malang, Yogyakarta, Bali, Lombok hingga Raja Ampat. Sedangkan yang luar negeri, tujuannya Korea Selatan, Tiongkok (China), Hong Kong, Jepang, Turki, Mesir, hingga Eropa.

Saat ini, peminat Wisata Halal di tanah air, menurut Cheriatna, bertumbuh pesat. Bisa jadi karena jumlah penduduk Muslim di Indonesia adalah yang terbesar. Dan, kesadaran ummat Muslim di tanah air, untuk menjalankan perintah agama, semakin tinggi. Ditambah lagi, Fatwa MUI Nomor 108/DSN-MUI menyatakan, Ummat Islam diingatkan untuk memilih liburan dengan Wisata Halal.

"Makanya kami sangat optimis Wisata Halal akan semakin diminati. Berdasarkan survei, belanja masyarakat untuk jalan-jalan cukup besar. Tahun lalu, tercatat ada 5 juta kunjungan wisata ke luar negeri. Alhamdulillah, yang berangkat melalui Cheria sebanyak seribu," papar Cheriatna.

Upaya menyajikan makanan halal bagi pelancong Wisata Halal, ditempuh Cheriatna dengan menjalin kerja sama bisnis dengan Wisata Halal di negara tujuan. Saat ini, pertumbuhan bisnis Wisata Halal di luar negeri, cukup pesat. Jadi, tidak ada masalah.

Selain bisa menikmati makanan halal, lanjut Cheriatna, ada satu hal yang berkesan. Yakni, peserta Wisata Halal tak perlu khawatir harus meninggalkan Salat Lima Waktu, lantaran sibuk plesiran. Bahkan, mereka bisa salat berjamaah bersama keluarga, selama liburan. Bisa jadi, kesempatan ini jarang ditemukan. Karena, sang ayah sebagai kepala keluarga terlalu sibuk bekerja.

Untuk menunjang ibadah Salat, PT Cheriatna menyediakan tempat serta perlengkapan Salat di resto-resto yang dikunjungi. "Artinya apa, Wisata Halal itu lebih nyaman, fun dan berkesan. Khususnya bagi keluarga Muslim yang memiliki kesadaran tinggi," ungkapnya.

Biayanya Mahal?

Soal biaya, Cheriatna menjamin tidak berbeda jauh dengan paket wisata umum. Bahkan, Wisata Halal ke Turki, tergolong hemat. Dengan US$1.000 bisa berkeliling Turki selama 10 hari. Kalau ingin plesiran ke China atau Korea Selatan, biayanya sekitar Rp8 juta per orang selama sepekan.

Destinasti Wisata Halal dari PT Cheria Halal Holiday tujuan luar negeri, boleh dibilang lengkap. Sejumlah negara nonmuslim, seperti Thailand, Vietnam, Singapura, Korea Selatan, Jepang, India, bahkan Eropa bisa menjadi pilihan.

Paket-paket Wisata Halal dari perusahaan yang didirikan Cheriatna pada 2012 ini, terbagi dalam dua kategori yakni reguler dan private. Di mana, paket reguler biasanya untuk keluarga atau rombongan.

Sedangkan private lebih menyasar personal atau pribadi. Di mana mereka bisa destinasi wisata sesuai selera. "Khusus yang private, tentu harganya beda. Kalau reguler, ada 10 orang langsung berangkat. Dari sini kita siapkan Leader Tour. Dan di negara tujuan sudah siap tour guide-nya," kata Cheriatna.

Masih kata dia, peminat Wisata Halal ternyata tidak hanya dari kalangan Muslim. Masyarakat Non-Muslim juga banyak memanfaatkan paket Wisata Halal. Lantaran, mereka kebanyakan adalah vegetarian yang cocok dengan makanan yang disajikan.

Oh iya, jangan lupa. Wisata Halal lebih cocok untuk perjalanan wisata satu keluarga, atau pribadi. Dan, destinasi wisatanya diarahkan yang positif saja. Jadi, jangan harap bisa minum bir atau minuman beralkohol lainnya. Pokoknya, wisata yang mengandung maksiat dilarang. Jadi, tak ada salahnya mencoba Wisata Halal ini. [*]

Komentar

 
Embed Widget

x