Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 04:54 WIB

Batik Rancangan Ivan Gunawan Diboyong ke Taiwan

Oleh : Aris Danu | Senin, 25 September 2017 | 17:45 WIB
Batik Rancangan Ivan Gunawan Diboyong ke Taiwan
Ivan Gunawan - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta-Desainer Ivan Gunawan merasa bangga sekaligus terhormat diajak berkolaborasi dengan Kamar Dagang Taiwan atau Taitra untuk mendesain busana batik sebagai ikon Taiwan Excellence.

Igun, sapaan akrabnya, merancang motif batik Mega Mendung yang merupakan batik khas Cirebon yang dipadukan dengan budaya Taiwan sebagai ikon mereka di Indonesia. Batik tersebut diberi nama "Taiwan Excellence East Goddess Batik".

"Ini sebagai apresiasi dan kebanggaan, karena ada orang dari negara lain yang mau datang ke Indonesia mencari untuk seragam jadi identitasnya dan pilih saya," kata Igun saat jumpa pers Taiwan Excellence x Ivan Gunawan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2017).

Igun mengatakan, pihaknya telah melakukan serangkaian sesi pemotretan untuk Taiwan Excellence East Goddess Batik yang dipadukan dengan suasana alam dan budaya Taiwan. Koleksi dengan tema East Goddess atau Dewi Timur itu juga dipamerkan dalam sebuah perhelatan fashion show di Taiwan.

Mengenai rancangan batik yang mengambil motif Mega Mendung, Igun mengambil filosofi positif dari batik khas Cirebon itu.

"Karena motifnya kan awan yang bisa dikawinkan dengan motif oriental dan awan itu enggak ada ujungnya. Semoga kerjasama Indonesia-Taiwan ini juga bisa terus," ujarnya.

Koleksi itu menurut Igun terinspirasi dari sejarah budaya Indonesia dan Taiwan, yang memiliki kemiripan. Dia pun mengambil motif megamendung dari Cirebon, yang disadur menjadi satu dan melambangkan kedekatan antara Indonesia dan Taiwan yang memiliki kedekatan sejarah.

"Kalau di Taiwan itu look-nya oriental, kayak kita di pesisir. Lagi pula, kita punya sejarah nenek moyang yang mirip karena keturunan China banyak yang datang ke Indonesia," paparnya.

Sementara itu menurut Director of Taiwan Trade Center Jakarta, Danny Liao, batik tersebut akan membuat orang ingat dengan Indonesia. Danny berharap budaya Indonesia dan Taiwan yang menyatu dalam East Goddes Batik dapat berjalan selaras.

"Semoga kerja sama antara Indonesia dan Taiwan ,juga bisa semakin meningkat di berbagai bidang kehidupan masyarakat," katanya. [adc]

Komentar

 
Embed Widget

x