Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Oktober 2017 | 21:16 WIB

Mungkinkah Jamu Sembuhkan Kanker tanpa Operasi?

Oleh : - | Rabu, 13 September 2017 | 16:20 WIB
Mungkinkah Jamu Sembuhkan Kanker tanpa Operasi?
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

TAK sedikit iklan/promosi obat tradisional/jamu yang menyatakan jaminan kesembuhan tanpa melalui proses operasi, diantaranya sebagai berikut:
- Obat Kanker Herbal Tanpa Operasi
- Kapsul Herbal, Sembuhkan Kanker, Tumor dan Kista Tanpa Operasi
- Jamu ini Cegah dan Sembuhkan Kanker Tanpa Operasi

Rata-rata klaim yang menonjol ialah sembuh tanpa perlu melalui proses operasi. Tentu hal ini sangat menggiurkan dan tidak menyeramkan sebagaimana operasi. Namun, melalui laman resminya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menegaskan bahwa hal tersebut adalah tidak benar. Klaim tersebut sangat berlebihan dan termasuk kategori klaim tinggi yang harus dibuktikan melalui serangkaian uji berupa uji pra klinik dan uji klinik.

Jamu adalah obat tradisional asli Indonesia yang merupakan salah satu warisan budaya. Jamu diketahui keamanan dan khasiatnya karena telah digunakan secara turun temurun sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Badan POM tidak pernah menyetujui klaim khasiat Obat Tradisional/Jamu untuk menyembuhkan kanker. Klaim yang disetujui untuk Obat Tradisional/Jamu adalah membantu memelihara kondisi kesehatan pada penderita kanker.

Selain itu, sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 386 Tahun 1994 tentang Pedoman Periklanan Obat Bebas, Obat Tradisional, Alat Kesehatan, Kosmetik, dan PKRT lampiran 2, Obat Tradisional/Jamu untuk kanker tidak boleh diiklankan. Jadi sebagai masyarakat yang sadar dan cerdas disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker dalam penggunaan Obat Tradisional/Jamu pada penderita kanker karena pendeteksian dan penanganan dini secara tepat dapat meningkatkan kualitas hidup dan/atau kesembuhan bagi pasien. Salam sehat! [DOS]

Komentar

 
Embed Widget

x