Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 September 2017 | 00:05 WIB

Yuk Menjaga Kualitas Hidup di Usia 40

Oleh : Reza Aditya Digambiro * | Rabu, 13 September 2017 | 11:13 WIB
Yuk Menjaga Kualitas Hidup di Usia 40
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

UMUR memang kita tiada yang tahu, semua itu rahasia Allah. Tapi apakah lantas kita tidak berusaha atau berupaya untuk menjaganya.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika memasuki usia 40-an. Di antaranya:

1. Makanan

Metabolisme tubuh pada saat usia 40-an semakin melambat, oleh sebab itu jumlah dan jenis makanan harus dimodifikasi sesuai dengan usia. Jumlah dikurangi separuh dari porsi yang biasa kita makan. Jenisnya diperbanyak yang berserat tinggi, sayur-sayuran, buah-buahan dan makanan berprotein. Kecuali yang memiliki gangguan ginjal dapat mengurangi protein.

Hindari makanan berkarbohidrat sederhana, bedakan karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks. Karbo sederhana itu misalnya nasi, singkong, kentang dan sebagainya. Sedangkan karbo kompleks contohnya oatmeal, dan beberapa macam buah-buahan.

Kenapa karbo kompleks jauh lebih baik? karena saluran pencernaan butuh waktu lama untuk memproses karbo kompleks menjadi energi. Sehingga rasa kenyang bertahan lebih lama dibandingkan jika mengkonsumsi karbo sederhana.

2. Jangan stress

Kenapa kita harus menghindari stress? Stress memicu keluarnya zat-zat yang memediasi proses peradangan sehingga memperburuk kondisi tubuh. Apalagi saat di dalam tubuh sedang berusaha untuk meminimalisir stimulus dari luar, seperti radiasi, benda asing dan sebagainya.

Usaha tubuh dalam melakukan netralisir akan sangat terganggu dengan munculnya zat-zat mediator dalam proses radang yang ditimbulkan stress tadi. Beberapa penyakit akan diperburuk oleh stres, seperti hipertensi, penyakit jantung atau kanker.

Bagaimana cara menghindari stress? Bisa dengan pengendalian emosi, emosi yang terkendali tidak akan mudah menimbulkan stress. Bisa juga dengan refreshing dan lebih tekun beribadah.

3. Olahraga teratur

Olahraga tidak memperpanjang usia, tapi memperbaiki kualitas hidup. Dengan olahraga teratur, organ-organ tubuh akan lebih terlatih dan tidak mudah untuk rusak. Dengan catatan, olahraga yang dilakukan tidak berlebihan dan disesuaikan dengan kondisi fisik kita. Olahraga yang berlebihan justru akan berakibat negatif terutama pada jantung dan ginjal. Apalagi jika tidak dilakukan latihan bertahap sebelumnya.

4. Medical check up

Lakukanlah medical check up secara teratur. minimal setahun sekali. Yang rutin adalah pemeriksaan lab darah, urine, ektrokardiogram (EKG), pap smear , liver function test, kidney function test, lung respirometry dan sebagainya. Dengan medical check up rutin, kita bisa lebih mewaspadai hal-hal yang dapat memperburuk kondisi kita ke depannya.

Demikian beberapa hal yang dapat kita lakukan dalam menjaga kondisi kesehatan di usia 40 tahun. Jauh lebih indah untuk bisa menjaga kualitas hidup hingga usia senja. [*]

* dr. Reza Aditya Digambiro, M.Kes, M.ked (PA), Sp.PA, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti

 
x