Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 14:44 WIB
Hide Ads

World Tourism Park Forum 2017 Digelar November

Oleh : Aris Danu | Kamis, 17 Agustus 2017 | 20:08 WIB
World Tourism Park Forum 2017 Digelar November
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta-World Tourism Park (WTP) Forum 2017 yang sedianya dihelat 22 Agustus diundur menjadi bulan November. Hal itu disampaikan oleh Chief Executive Officer Yayasan Taman Wisata Dunia, Daniel Kumendong.

Daniel mengatakan, penyelenggaraan World Tourism Park (WTP) Forum 2017 diundur lantaran adanya kesalahan dalam koordinasi.

"Sebenarnya acara WTP sudah kami persiapkan tanggal 22 Agustus 2017 dengan narasumber yang sudah kita undang, tetapi ketika kita berkoordinasi dengan pihak Kementerian Dalam Negeri, dalam hal ini Bangda (Bina Pembangunan Daerah) mereka mengusulkan untuk mengundurkan dulu," ujar Daniel dalam acara Peluncuran & Konferensi Pers Logo WTP Forum 2017 di Kafe Pisa, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/8/2017).

Lebih lanjut Daniel menambahkan, pengunduran acara WTP Forum 2017 terkait sinkronisasi lintas kementerian. Yakni, antara lain Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pariwisata, serta Badan Ekonomi dan Kreatif.

"Disinkronisasikan untuk kemudian bagaimana daerah bisa bergerak. Itu intinya mengundurkan acaranya. Kami sosialisasikan 45 destinasi itu. Lalu di WTP Forum itu kami sosialsisasi 10 pilar itu. Forumnya itu nanti bulan November. Sebetulnya, sejak Jokowi jadi presiden, kami punya tahapan sejak 2013, satu tahun bangun pondasi, satu tahun bergerak, satu tahun leading," papar Daniel.

Dalam WTP Forum 2017 nanti bakal dideklarasikan Taman Wisata Dunia yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi di Gedung Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah. Selain itu ada acara Drawing The New9Wonderful yang terdiri 45 lokasi wisata alam unggulan di 34 provinsi di Indonesia.

"Konsep WTP Forum adalah ketika kami deklarasikan Indonesia sebagai taman wisata dunia, setiap provinsi nanti mendeklarasikan masing-masing 45 destinasi wisata sebagai ikon wisata provinsi. WTP untuk menyatukan wisata. Masalah sinkronisasi itu perlu. Mensinergikan pariwisata menjadi terdepan," terang Daniel.

Sementara itu, Kasubdit Penataan Daerah Wilayah 2 Kemendagri, Nurbowo yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan, konsep taman dunia merupakan gagasan yang cemerlang, mengingat Indonesia masuk dalam peringkat ketiga dunia dalam hal pariwisata.

"Semoga gagasan ini bukan hanya di level Dirjen saja, tapi bisa sampai ke level Menteri dan saya mendukung WTP Foundation untuk memperkenalkan Indonesia sebagai Kawasan Taman Wisata Dunia, dengan menyiapkan sebuah sistem, guna menggerakkan masyarakat di dalam kawasan tersebut agar bisa bersatu menjadi Tim Publikasi antar provinsi maupun antar negara, baik secara perorangan, kelompok, lembaga, maupun institusi, secara tepat guna dan tepat sasaran," demikian Nurbowo. [adc]

Komentar

 
x