Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 03:19 WIB

Kesepian Situasi yang Membahayakan?

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Sabtu, 12 Agustus 2017 | 10:30 WIB
Kesepian Situasi yang Membahayakan?
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, New Delhi - Kesepian mungkin menjadi bahaya kesehatan masyarakat lebih besar daripada obesitas.

Mengutip dari timesofindia,Sabtu (12/08/2017), menurut sebuah studi yang menemukan bahwa isolasi sosial dapat menempatkan orang pada peningkatan risiko kematian dini.

"Yang terhubung ke orang lain sosial secara luas dianggap manusia mendasar perlu, penting untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup," kata Julianne Holt-Lunstad, profesor di Universitas Brigham Young di Amerika Serikat.

"Contoh ekstremnya menunjukkan bayi dalam perawatan Kustodian yang kekurangan kontak manusia gagal untuk berkembang dan sering mati, dan memang, isolasi sosial atau bersendiri telah digunakan sebagai bentuk hukuman," kata Holt-Lunstad.

"Namun sebagian penduduk Amerika sekarang meningkatkan pengalaman isolasi secara teratur," katanya.

Kesepian dan isolasi sosial keduanya telah dikaitkan dengan kesehatan yang buruk. Satu studi yang dilaporkan, misalnya, menyarankan bahwa kesepian mungkin dikaitkan dengan penyakit Alzheimer, sementara penelitian lainnya terkait isolasi sosial untuk kelangsungan hidup dikurangi untuk pasien dengan kanker payudara.

Untuk menggambarkan pengaruh sosial isolasi dan kesepian pada risiko kematian yang premature, Holt-Lunstad disajikan data dari dua penelitian review.


Yang pertama melibatkan 148 studi, mewakili lebih dari 300.000 peserta, dan menemukan bahwa koneksi sosial yang lebih besar terkait dengan risiko 50 persen mengurangi kematian dini.

Studi kedua, melibatkan 70 studi yang mewakili lebih dari 3,4 juta individu dari Amerika Utara, Eropa, Asia dan Australia, meneliti peran bahwa isolasi sosial, kesepian atau hidup sendirian mungkin terhadap mortalitas. Para peneliti menemukan bahwa semua memiliki efek yang signifikan dan setara pada risiko kematian prematur, salah satu yang sama dengan atau melebihi pengaruh faktor risiko lain dengan baik diterima seperti obesitas.

"Tidak ada bukti kuat bahwa isolasi sosial dan kesepian secara signifikan meningkatkan risiko kematian yang premature, dan besarnya risiko melebihi yang banyak indikator kesehatan terkemuka," kata Holt-Lunstad.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x