Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 17 Agustus 2017 | 15:03 WIB

Penting, Mencegah Hepatitis Sejak Dini

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Minggu, 6 Agustus 2017 | 20:30 WIB
Penting, Mencegah Hepatitis Sejak Dini
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pentingnya mengetahui penyakit hepatitis sejak dini bagi masyarakat sangat bermanfaat bagi kelangsungan kesehatan.

Dalam rangka memperingati Hari Hepatitis Sedunia (World Hepatitis Day), seperti yang diberitakan sebelumnya, penyakit hepatitis merupakan masalah kesehatan masyarakat di dunia termasuk di Indonesia. Ini terdiri dari Hepatitis A,B,C,D, dan E. Hepatitis A dan E, sering muncul sebagai kejadian luar biasa, ditularkan secara fecal oral dan biasanya berhubungan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, bersifat akut dan dapat sembuh dengan baik.

"Sedangkan hepatitis B,C, dan D (jarang) ditularkan parenteral, dapat menjadi kronis hingga menimbulkan cirrhosis dan lalu kanker hati," kata dr. Sedya Dwisangka, M.Epid sekalu Kasubdit Hepatitis dan Penyakit Infeksi Saluran Pencernaan, Dit. P2PML - Ditjen P2P, Kemkes RI, yang ditemui pada acara Kalbe Peringati Hari Hepatitis Sedunia melalui Kalbe Ethical Customer Care (KECC), Jakarta, Minggu (06/08/2017).

Kemudian, mengenai virus Hepatitis B telah menginfeksi sekitar 2 milyar orang di dunia, sekitar 240 juta orang diantaranya menjadi pengidap hepatitis B kronik, sedangkan untuk penderita hepatitis C di dunia diperkirakan sebesar 170 juta orang.

Sekitar 1,5 juta penduduk dunia meninggal setiap tahunnya karena hepatitis. Keadaan tersebut sangat memperihatinkan.

Menurut Pusdatin Kemkes, pada tahun 2013 secara Nasional diperkirakan terdapat 1,2 persen penduduk di Indonesia mengidap penyakit Hepatitis, dan kondisi ini meningkat 2 kali lipat dibandingkan tahun 2007. Sekitar 0,6 persen. Apabila dikonversikan ke dalam jumlah absolut penduduk Indonesia pada tahun 2013, sekitar 248.422.956 jiwa. Data tersebut bisa dikatakan bahwa 2.981.075 jiwa penduduk Indonesia terinfeksi hepatitis.

"Melihat kasus tersebut, Kalbe akan terus mewujudkan komitmen terhadap kesehatan masyarakat khususnya terhadap penderita hepatitis," papar Natalia Erlan, marketing group head PT. Kalbe Farma Tbk.(tka)

 
x