Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 18:08 WIB

Ini Cara Alihkan Kemarahan Anak

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 3 Agustus 2017 | 23:30 WIB
Ini Cara Alihkan Kemarahan Anak
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kemarahan anak kerap terjadi dan harus dihadapi para orangtua. Lantas, bagaimana cara orangtua menghadapi hal tersebut dengan cara bijak?

Menurut psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si, orangtua bisa mengajarkan anak untuk melampiaskan kemarahan dengan hal yang lain. Hal itu bisa dengan berbagai cara.

"Misalnya, orangtua bilang ke anak, kamu mau banting barang, atau (hp) telepon genggam, jangan buang hp nanti rusak. Buang bantal saja, atau banting bantal saja. Jangan membuat anak marah namun tidak dieskpresikan. Nanti akan merusak dalam dirinya," papar psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si, saat ditemui di acara SGM, Jakarta, baru - baru ini.

Masih menurutnya, ketika seorang anak memendam amarahnya, akan berdampak lebih dalam sehingga menimbulkan psikotraumatik. Ini adalah sangat berbahaya bagi perkembangan emosi anak.

"Bisa juga dengan cara, ayo bunda antar ke kamar mandi, dan buka keran kencang - kencang kemudian berteriak. Kalau anak saya pas merasa kesal, dia akan naik turun tangga dan lari - lari," tambahnya.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x