Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 18:05 WIB

Ini Alasan Anak Usia 6 Bulan Tidak Boleh Sekolah

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 31 Juli 2017 | 19:35 WIB
Ini Alasan Anak Usia 6 Bulan Tidak Boleh Sekolah
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Tidak jarang orangtua kerap memasukkan buah hatinya ke sebuah sekolah pada usia enam bulan. Lantas, apa manfaatnya?

Menurut Dr. dr. Damayanti R Sjarif Sp.A(K), Dokter spesialis anak sub-spesialisasi nutrisi dan penyakit metabolik, ternyata anak usia enam bulan tidak perlu dimasukkan ke sekolah. Karena, perkembangan anak - anak belum sepenuhnya sempurna.

"Dalam 1000 hari kehidupan anak, semuanya kemampuan seperti melihat, bicara, kemampuan matematika, berkomunikasi, motorik, itu lebih ke arah 3 tahun pertama perkembangan. Karena itu anak - anak baru lahir seperti usia 6 bulan tidak boleh sekolah. Itu tidak ada manfaatnya, yang ada menularkan penyakit," papar Dr. dr. Damayanti R Sjarif Sp.A(K), Dokter spesialis anaksub-spesialisasi nutrisi dan penyakit metabolik saat ditemui di acara Philipis Avent, Jakarta, Senin (31/07/2017).

Karena itu, pentingnya pemenuhan gizi dan nutrisi pada saat 1000 hari pertama kehidupan anak, benar - benar mendukung perkembangan kognitif anak. Ini juga sangat mempengaruhi tingkat IQ pada anak.

"Ternyata membuat anak sehat itu, waktu di perut ibu 9 bulan dan ditambah 2 tahun itu adalah 1000 hari pertama kehidupan. Ini menentukan seseorang anak untuk mendapatkan kesehatan dan terhindar dari penyakit degeneratif seperti penuakit diabetes, jantung dan lainnya," tambahnya.

Tahun 2010 ada sebuah penelitian, ternyata jika mau membuat orangtua tidak miskin harus mendapat pendidikan yang tepat. Karena untuk mendapatkan pendidikan, berarti harus memiliki IQ yang tinggi. Karena IQ itu berpengaruh pada tingkat kemiskinan setiap orang.(tka)

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x