Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Februari 2018 | 10:50 WIB
 

Keluarga Penderita Hepatitis Berisiko Tertular

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 28 Juli 2017 | 16:30 WIB
Keluarga Penderita Hepatitis Berisiko Tertular
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Hepatitis adalah peradangan pada organ hati. Kondisi ini dapat sembuh sendiri atau dapat berkembang menjadi fibrosis (jar, parut), sirosis, atau kanker hati.

Menurut Dr. Olivia Ekaputri dari Medical Dept. PT. Kalbe Farma, Tbk, penyebab paling sering terjadi adalah virus. Namun penyebab lainnya bisa bermula dari infeksi, zat toksik seperti alkohol, beberapa obat, dan penyakit autoimun.

Terdapat 5 virus utama pada hepatitis yaitu A, B, C, D, dan E. Kelimanya merupakan yang menjadi perhatian besar karena beban penyakit serta kematian yang ditimbulkan berpotensi menjadi wabah dan menyebab.

"Virus B dan C menyebabkan penyakit kronik pada jutaan orang dan merupakan penyebab paling sering dari sirosis hati atau kanker hati," papar Dr. Olivia Ekaputri dari Medical Dept. PT. Kalbe Farma, Tbk, saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (27/07/2017).

Karena itu, orang - orang disekitar penderita hepatitis harus benar - benar waspada. Tidak hanya pasien hepatitis, para keluarga dari penderita hepatitis juga bisa tertular virus tersebut.

"Dibandingkan penyakit lain seperti malaria, TB, HIV, yang selalu menurun, ternyata penyakit hepatitis menjadi salah satu penyakit yang selalu meningkat penderitanya," tambahnya.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x