Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 18:16 WIB

Perhatikan, Ini Gejala Penyakit Hepatitis

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 28 Juli 2017 | 16:00 WIB
Perhatikan, Ini Gejala Penyakit Hepatitis
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ada beberapa gejala yang perlu Anda ketahui tentang penyakit hepatitis. Apa saja yang perlu Anda perhatikan?

Menurut Dr. Olivia Ekaputri dari Medical Dept. PT. Kalbe Farma, Tbk, pada dasarnya penyakit yang menyerang hati tersebut tidak bergejala. Hal itu karena hati adalah organ yang sangat tangguh. Namun, jika sudah parah atau terkena infeksi, hal ini dapat merusak hati yang bisa memperburuk fungsinya.

"Ada beberapa gejala yang perlu diperhatikan. Infeksi akut muncul dengan gejala terbatas atau tidak bergejala sama sekali. Gejala yang mungkin muncul adalah ikterus, kuning di bagian kulit dan mata. Kemudian urin yang terlihat gelap, lelah yang berlebihan, mual atau muntah, serta nyeri pada perut," papar Dr. Olivia Ekaputri dari Medical Dept. PT. Kalbe Farma, Tbk, saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (28/07/2017).

Perlu diketahui, penyakit hepatitis bisa timbul melalui virus, bakteri dan alkohol. Menurut data yang berasal dari WHO 2015, Sekitar 400 juta orang hidup dengan penyakit hepatitis.

"Kemudian, sekitar 6 - 10 juta orang per tahun menderita atau baru terinfeksi hepatitis. Akibatnya, baik hepatitis B atau C berujung pada penyakit kanker hati," tambahnya.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x