Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 05:07 WIB

Batuk Melanda

Gunakan Antibiotik, Sebabkan Resistensi?

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 27 Juli 2017 | 10:51 WIB
Gunakan Antibiotik, Sebabkan Resistensi?
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mengalami batuk memang membuat tubuh tidak nyaman. Namun, jangan langsung konsumsi obat antibiotik untuk mengatasi batuk. Karena, hal ini akan membuat tubuh Anda resistensi.

DR. dr. Fauziah Fardizza, SpTHT-KL(K), Konsultan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo menjelaskan, menggunakan obat antibiotik untuk mengatasi batuk adalah hal yang tidak tepat. Hal ini dapat memberikan reaksi berbahaya dalam tubuh.

"Antibiotik ini bisa menimbulkan resistensi yang dapat membuat virus dan bakteri semakin kebal. Karena itu, jangan sedikit - sedikit menggunakan antibiotik," papar Fauziah saat ditemui di acara Deltomed laboratories luncurkan OB Herbal Ziplong, Jakarta, Rabu (26/07/2017).

Masih menurutnya, jika mengalami batuk yang ringan, lebih baik konsumsi air mineral yang lebih banyak. Kemudian, hindari makanan berminyak yang dapat menimbulkan batuk.

Batuk bukanlah penyakit melainkan reflek proteksi tubuh untuk membersihkan jalan napas atau tenggorok ketika terpapar oleh lendir atau partikel kecil seperti asap atau debu.

Penyebab batuk dan radang tenggorok tersering adalah infeksi jalan napas atas yang mengiritasi jalan napas. Mengkonsumsi obat batuk dapat membantu memperlancar dan melegakan proses bernapas.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x