Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 17 Agustus 2017 | 15:02 WIB

Perhatikan, Ini Gejala Penyakit Kolera

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 25 Juli 2017 | 16:30 WIB
Perhatikan, Ini Gejala Penyakit Kolera
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wabah kolera menjadi salah satu hal yang harus diwaspadai oleh para jamaah haji mendatang. Lantas, apa saja gejala penyakit kolera yang perlu diketahui?

Menurut dr. Wiendra Waworuntu, M.Kes, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan RI, terdapat gejala kolera yang harus diketahui oleh para calon jamah Haji.

"Sekarang gejalanya adalah buang air besar cair (encer) lebih dari 3 kali dalam sehari, tanpa didahului rasa mulas. Tinja seperti air cucian beras atau putih keruh," papar Wiendra Waworuntu saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Selasa (25/07/2017),

Kemudian, terdapat pula gejala yang biasanya dilanjutkan dengan muntah tanpa mual sebelumnya. Bia berlanjut disertai dengan gejala dehidrasi, seperti jantung berdetak cepat, mulut kering, lemah, mata cekung, seperti ngantuk.

"Upaya yang harus dilakukan adalah para jamaah haji sebelum berangkat ke tanah suci mengetahui bagaimana gejala - gejala kolera tersebut. Sehingga bisa mengatasinya dengan baik," tambahnya.

sampai saat ini diperkirakan terdapat sekitar 300 ribu orang menderita kolera di Yaman. Data WHO menjelaskan, setiap hari ada 5.000 kasus kolera baru yang tercatat di Yaman.(tka)

 
x