Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 17 Agustus 2017 | 15:02 WIB

Jamaah Haji Waspada Penyakit Kolera

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 25 Juli 2017 | 16:00 WIB
Jamaah Haji Waspada Penyakit Kolera
Jamaah Haji - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - WHO memperingatkan wabah kolera saat musim Haji mendatang, September 2017, karena letak Yaman bersebelahan dengan Arab Saudi.

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, dr. Wiendra Waworuntu, M.Kes, sampai saat ini diperkirakan terdapat sekitar 300 ribu orang menderita kolera di Yaman. Data WHO menjelaskan, setiap hari ada 5.000 kasus kolera baru yang tercatat di Yaman.

"Kita harus tetap waspada. Sampai sekarang 342 ribu. yang meninggal sekitar 1418. Setiap hari ada 5000 kasus kolera baru yang tercatat di Yaman. Ini sangat cepat menular. Ini dari bakteri makanan dan minuman yang terkontaminasi," papar Wiendra Waworuntu saat ditemui di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Selasa (25/07/2017).

Dia mengharapkan sanitasi di Mekkah dan Madinah harus benar - benar lebih ketat dan baik. Penyakit kolera adalah penyakit infeksi saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri vibrio kolera.

Untuk mengatasi hal tersebut, terdapat strategi pencegahan, penyediaan obat, alat, dan tenaga kesehatan yang mencukupi. Melakukan pembekalan mengenai kewaspadaan kolera kepada petugas kesehatan haji. Kemudian, peningkatan kewaspadaan Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) dan petugas kesehatan haji kloter.(tka)

 
x