Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 03:25 WIB

Indonesia Siapkan 57 Ton Obat untuk Jamaah Haji

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 25 Juli 2017 | 15:15 WIB
Indonesia Siapkan 57 Ton Obat untuk Jamaah Haji
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Untuk mengatasi masalah kesehatan yang dialami oleh para jamaah haji 2017, Kementerian Kesehatan RI, menyediakan sekitar 57 ton obat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Pusat Kesehatan Haji Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc, saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Selasa (25/07/2017).

Masih menurutnya, obat yang dibawa ke Mekkah memang berat, sudah sampai di Mekkah sekitar 57 ton dan jumlahnya sekitar 3080 dus.

"Ini sudah masuk kepada klinik di Mekkah. Obat ini sudah kita masukkan ke dalam pola penyakit sebelumnya. Karakteristiknya mungkin musim panas, identik dengan head stroke. Kemudian adanya Kolera. Kalau Arab Saudi itu bagus sanitasi. Jadi diharapkan wabah Kolera tidak terlalu banyak," tambahnya.

Dia menambahkan, beberapa obat yang dibawa antara lain hypertensi, jantung, obat batuk, vitamin, ini untuk 221 ribu jamaah yang terbagi oleh beberapa kloter. Kemudian terdapat pula oralit, obat psikologi untuk kejiwaan, lengkap sampai jantung dan lainnya," ungkapnya.

Kemudian, pemberian vaksinasi adalah komponen perlindungan jamaah haji, hal itu untuk selamat dari penyakit yang membahayakan.

"Kami juga membawa cairan takut adanya head stroke. Kemudian Kolera. Ini juga dibutuhkan cairan untuk mengatasi dehidrasi. Semoga tidak ada wabah Kolera," ujarnya.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x