Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 07:11 WIB

Bermanfaat untuk Kesehatan

Yuk, Bikin Tanaman Hidroponik di Rumah

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 21 Juli 2017 | 10:00 WIB
Yuk, Bikin Tanaman Hidroponik di Rumah
(Foto: Inilahcom/Mia Umi Kartikawati)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Memiliki tanaman hidroponik ternyata tidak sulit. Ada beberapa cara untuk menanam hidroponik di halaman rumah Anda.Penasaran bagaimana caranya?

Selain untuk penghijauan, tanaman hidroponik menjadi salah satu andalan untuk menghalau debu, polusi, dan memberikan oksigen di lingkungan. Menurut Kepala Pusat Krisis Kesehatan dr. Achmad Yurianto, tidak ada salahnya mencoba tanaman hidroponik di rumah meski halaman rumah sangat kecil.

"Yang terpenting adalah pastikan tanaman terkena matahari. Untuk beberapa rumah, diterapkan di atas genteng. Kemudian, mudah di akses karena perlu dilihat dan dirawat. Tidak perlu cangkul, karena tidak menggunakan tanah," kata dr. Achmad Yurianto saat ditemui di halaman tanaman hijau kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Jumat (21/07/2017).

Masih menurutnya, jika tidak memiliki lahan banyak di rumah, Anda bisa menggunakan lahan yang biasa untuk tempat krey, diganti dengan paralon - paralon yang berisi tanaman hidroponik. Ini bisa dirawat dengan menyiram air tiga kali sehari untuk tanaman tersebut.

"Saya menyarankan tanaman hidroponik untuk sayuran. Ini sangat bermanfaat untuk tubuh. Konsumsi sayur setiap hari sangat penting karena termasuk dalam gaya hidup sehat. Sayur ini lebih bermakna dari pada tanaman obat. Ini juga paling murah dan yang paling mudah diimplementasikan," tambahnya.

Selain itu, tanaman hidroponik ini termasuk organik. Dia menambahkan, tanaman sayuran yang ada untuk hidroponik tidak terpapar pestisida.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x