Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 September 2017 | 23:58 WIB

Ini Sebab Pria Jarang Menggunakan Kontrasepsi

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 19 Juli 2017 | 07:40 WIB
Ini Sebab Pria Jarang Menggunakan Kontrasepsi
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Fakta menunjukkan pengguna kondom masih rendah. Apa penyebabnya?

Karena terlihat sebuah data untuk penggunaan kontrasepsi para pria hanya 4,7 persen dan 99,3 persen tidak menggunakan kontrasepsi. Kemudian untuk wanita, sekitar 45,7 persen menggunakan kontrasepsi dan 54,3 persen tidak menggunakan kontrasepsi.

Menurut data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tahun 2012, hanya 4,7 persen pria menggunakan alat kontrasepsi dan hanya 2,5 persen dari angka tersebut yang menggunakan kondom. Kondom dianggap mengurangi kenikmatan dalam berhubungan intim.

"Memilih kondom yang tepat sangat penting, ukurannya harus pas dan memberikan rasa nyaman. Terlebih lagi, pasangan harus tahu cara menggunakan kondom dengan benar," kata dr. Heru H. Oentoeng, SpAnd, spesialis Andrologi seperti yang dikutip dari siaran pers yang diterima, Jakarta, Rabu (19/07/2017).

Ada banyak anggapan ketika menggunakan kondom. Menurut dorex global sex survey pada 2016, mengungkapkan bahwa 30 persen responden tidak menggunakan kondom karena kondom dianggap mengurangi kenikmatan, tidak alami, tebal, dan bau.

Padahal, kondom adalah pilihan terbaik kedua untuk melindungi diri dari penularan penyakit akibat hubungan seksual, HIV, dan risiko terjadinya kehamilan.

Selain itu, yang harus diingat adalah menggunakan kondom adalah pilihan terbaik agar terhindar dari PMS (Penyakit Menular Seksual) adalah dengan tidak bergonta - ganti pasangan seksual dan setia pada pasangan Anda.(tka)

 
x