Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 27 September 2017 | 04:51 WIB

Keuntungan Ibu Menyusui

Ini Cara Turunkan Risiko Multiple Sclerosis

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 17 Juli 2017 | 13:10 WIB
Ini Cara Turunkan Risiko Multiple Sclerosis
(Foto: Zeenews)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Ibu yang menyusui selama setidaknya 15 bulan selama kehamilan satu atau lebih, kemungkinan 53 persen lebih kecil kemungkinana terkena multiple sclerosis (MS).

Mengutip dari zeenews, Senin (17/07/2017), hal tersebut lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak menyusui sama sekali atau hanya menyusui hingga empat bulan.

MS adalah penyakit di mana sistem kekebalan tubuh memakan pelindung saraf. Temuan menunjukkan bahwa wanita dengan MS memiliki secara signifikan sedikit kambuh, atau serangan, selama kehamilan atau saat mereka sedang menyusui secara eksklusif.

"Antara banyak manfaat lain bagi ibu dan bayi, menyusui dapat mengurangi risiko masa depan ibu mengembangkan MS," kata Annette Langer-Gould dari Kaiser Permanente Southern California.

Selain itu, wanita yang usia 15 atau lebih tua pada saat siklus menstruasi mereka pertama adalah 44 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan MS kemudian daripada wanita yang 11 tahun atau lebih muda pada saat mereka pertama menstruasi.

Jumlah tahun wanita ovulasi dan faktor lainnya, seperti jumlah kehamilan, menggunakan kontrasepsi hormon dan usia pada kelahiran pertama tidak dikaitkan dengan risiko MS, para peneliti mengatakan, dalam karya yang diterbitkan dalam jurnal Neurology.

"Manfaat kesehatan lainnya termasuk penurunan risiko kanker payudara, kanker ovarium, diabetes tipe 2 dan serangan jantung," kata Langer-Gould.

Untuk penelitian ini, tim melibatkan 397 wanita dengan usia rata-rata 37 yang baru didiagnosis dengan MS atau prekursor, sindrom klinis terisolasi, yang dibandingkan dengan 433 wanita-wanita lain. (tka)

 
Embed Widget

x