Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 27 September 2017 | 04:51 WIB

Wow, 1,7 Juta Anak Indonesia Belum Imunisasi

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 14 Juli 2017 | 11:30 WIB
Wow, 1,7 Juta Anak Indonesia Belum Imunisasi
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Indonesia ternyata menempati peringkat ketiga terkait imunisasi anak. Hal ini, karena banyak anak di Indonesia yang masih belum tersentuh dengan imunisasi.

Menurut Hashta Meyta, S.Si.Apt Subdit Imunisasi Kementerian Kesehatan, bahwa ditemukan sekitar 1,7 juta anak belum mendapat imunisasi. Perlu diketahui, tujuan imunisasi menurunkan angka kesakitan, kecatatan dan kematian akibat penyakit - penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Kalau ASI adalah perlindungan untuk anak secara umum.

Kemudian sekitar 55 persen kematian anak karena pneumonia dan diare. Dari sekian banyak penyakit yang ada, bisa ditekan dengan adanya vaksin.

"Ternyata pencapaian vaksinasi atau imunisasi di Indonesia belum merata. Ada daerah kabupatennya rendah. Kalau dilihat di desa, cakupannya belum sampai 90 persen. Akhirnya banyak anak yang tidak mendapat imunisasi. Indonesia menjadi peringkat ketiga setelah Nigeria, dan Pakistan," papar Hashta Meyta, S.Si.Apt Subdit Imunisasi Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Jumat (14/07/2017).

Ternyata ada beberapa faktor yang mempengaruhi tidak tercapainya vaksinasi di beberapa daerah Indonesia. Mulai dari orangtua takut buah hatinya panas, fasilitas kesehatan yang tidak terjangkau, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, imunisasi atau vaksin adalah hak bagi anak. Ini dapat menyehatkan tubuh anak sejak dini hingga pertumbuhan pada dewasa kelak.

"Alasan anak tidak diimunisasi karena takut demam 28,8 persen, penolakan keluarga 26,3 persen, 21,9 persen pos imunisasi jauh, 16,3 persen orangtua sibuk, 6,8 persen anak sakit, dan 6,7 persen tidak tahu pos pelayanan imunisasi," tambahnya.(tka)

 
Embed Widget

x