Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 18:19 WIB

Rohani, Perempuan Berjasa untuk Kesehatan Keluarga

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 12 Juli 2017 | 15:00 WIB
Rohani, Perempuan Berjasa untuk Kesehatan Keluarga
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Rohani Dg Te'ne yang berasal dari Desa Pao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, menjadi salah satu perempuan yang berjasa sebagai penolong para ibu hamil di daerahnya.

Dia terpilih menjadi salah satu 13 perempuan dari 11 negara yang membuktikan kontribusi signifikan untuk meningkatkan kesehatan di komunitasnya dan salah satunya adalah dari Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan oleh GE Healthcare sebagai penyedia inovasi teknologi dan solusi di bidang kesehatan bersama dengan Women in Global Health, sebuah insiatif yang mengupayakan kesetaraan gender di industri kesehatan global. Berkolaborasi dalam rangka mengapresiasi peran perempuan dalam industri kesehatan, melalui penghargaan Heroiness of Health yang dilaksanakan perdana pada tahun ini.

"Kami sangat bangga karena Ibu Rohani, yang mewakili Indonesia, terpilih menjadi salah satu sosok yang dinilai memiliki kontribusi tinggi terhadap industri kesehatan, terutama kesehatan ibu dan anak," kata Haris Izmee, Country Manager GE Healthcare Indonesia, saat ditemui di kawawasan Senayan, Jakarta, Rabu (12/07/2017).

Rohani adalah seorang sukarelawan yang memiliki kepeduliaan tinggi terhadap kesehatan ibu dan anak. Beliau terpilih berdasarkan dedikasi selama lebih dari 20 tahun untuk meningkatkan kesehatan masyarakat terutama ibu hamil selama pemeriksaan berkala setiap bulan dan ketika akan melahirkan dengan mendampingi mereka untuk menjangkau Puskesmas terdekat yang berjarak 2 kilometer. Biasanya mereka menempuh jarak tersebut dengan berjalan kaki selama kurang lebih satu jam.

"Saya sangat bangga dapat terpilih sebagai penerima penghargaan Heroines of Health. Saya terdorong untuk membantu para ibu hamil karena memahami besarnya risiko yang mereka hadapi baik selama kehamilan, saat melahirkan, dan pasca melahirkan," tambahnya.

Masih menurut Rohani, dia sangat berharap dan selalu mengingatkan untuk para ibu hamil selalu memeriksakan diri secara berkala.

"Saya ingin selalu mendampingi saat para ibu melahirkan, angka kematian ibu hamil di lingkungan saya akan semakin berkurang," papar Rohani.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x