Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 18:18 WIB

Kondisi Kesehatan Ibu dan Anak Memprihatinkan

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 12 Juli 2017 | 14:30 WIB
Kondisi Kesehatan Ibu dan Anak Memprihatinkan
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kondisi kesehatan ibu dan anak di Indonesia menghadapi tantangan. Hal ini terjadi karena masih banyak daerah di pelosok tanah air.

Hal tersebut sangat terbentur dengan fasilitas yang tidak memadai. Tidak hanya itu, tenaga kesehatan juga tidak memadai untuk melayani masayrakat yang lebih intensif.

"Data yang kami peroleh pada tahun 2016, angka kematian ibu karena kehamilan, melahirkan dan masa nifas telah mencapai 4.912 kasus di Indonesia," papar Dr. Eni Gustina, MPH, Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, saat ditemui di acara GE Healthcare Heroines of Health, Jakarta, Rabu (12/07/2017).

Masih menurutnya, menghadapi masalah ini, pihaknya secara bertahap menyediakan fasilitas dan tenaga kesehatan di wilayah - wilayah yang sulit dijangkau, agar dapat mengurangi angka kematian ibu hamil dan melahirkan tersebut.

"Upaya ini tentunya tidak lepas dari pentingnya peran serta masyarakat seperti yag dilakukan oleh ibu Rohani yang berasal dari Desa Pao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Kami juga mengapresiasi GE Healthcare, yang melalui penghargaan Heroines of Health. Ini dapat mengidentifikasi dan mengahargai kerja keras perempuan - perempuan tangguh di bidang kesehatan," tambahnya.

Perlu diketahui, data WHO menyebutkan bahwa secara global perempuan berkontribusi sebesar 75 persen sebagai tenaga kesehatan di berbagai pelosok wilayah. Namun, seringkali mereka tidak mendapat pengakuan dan kisah perjuangan mereka yang kerap tidak terdengar, padahal peran perempuan dalam bidang kesehatan sangatlah penting.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x