Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 18:04 WIB

Anak Autis Bisa Belajar di Sekolah Umum, Asalkan?

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 5 Juli 2017 | 16:30 WIB
Anak Autis Bisa Belajar di Sekolah Umum, Asalkan?
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anak yang mengalami autis bisa mendapatkan pendidikan umum. Namu ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Menurut Dessy Arnas selaku professional Image Coach President Elect ICF Jakarta, anak yang memiliki kebutuhan khusus bisa belajar di sekolah umum namun harus benar - benar mendapatkan pendampingan. Hal ini agar anak - anak autis dapat merasakan situasi yang sebenarnya seperti di lingkungan rumah.

"Saya lebih suka anak - anak bergaul di sekolah umum. Karena sekarang anak - anak bisa diterima di sekolah umum. Karena anak - anak nantinya akan masuk kepada lingkungan umum. Kemampuan bersosialisasi itu harus dilatih sejak dini," kata Dessy Arnas saat ditemui di acara Funtaustic Festival 2017 yang diselenggarakan di SKY WORLD Among Putro, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (05/07/2017).

Dengan membiasakan diri di lingkungan umum, anak autis bisa dapat dengan mudah beradaptasi. Karena, masih menurutnya, yang menjadi kesulitan bagi anak autis adalah bagaimana beradaptasi dengan lingkungan baru dan sekitarnya.

"Ciri - ciri anak autis sudah dapat beradaptasi dan menerima orang lain adalah kalau mereka sudah bisa memperhatikan kita. Tingkat adaptasi setiap anak memang berbeda - beda. Kita harus lebih dahulu memperhatikan mereka, dengan begitu mereka dapat dengan mudah memperhatikan kembali," tambahnya.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x