Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 07:12 WIB
Hide Ads

Yuk, Hunting Festival Ikan Nusantara

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 5 Juli 2017 | 09:15 WIB
Yuk, Hunting Festival Ikan Nusantara
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta Anda hobi makan ikan? Gemar hunting kuliner ikan Indonesia yang lezat-lezat? Kalau ya, silakan langkahkan kaki ke Festival Ikan Nusantara (FIN) dan lomba masak ikan nasional, 1-17 Agustus 2017.

Ada banyak varian ikan lezat yang bisa dinikmati di dua crossborder area di Pontianak dan Batam. "Ini sekaligus mempopulerkan wisata kuliner di Batam dan Pontianak," kata Menpar Arief Yahya, Selasa (04/07/2017) seperti yang dikutip dari siaran pers yang diterima.

Semua persiapan telah disusun dengan matang. Rapat koordinasi antar kementerian/lembaga bahkan sudah dilakukan bersama antara Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Menkes Nila Moeloek, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan Nilanto Perbowo, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti dan Presdir Femina Group Svida Alisyahbana.

Tujuannya ada dua. Yang pertama, semua sepakat mematangkan persiapannya festival yang tujuan akhirnya mengajak masyarakat gemar makan ikan. Satunya lagi menjaring wisman sebanyak-banyaknya dari negeri tetangga.

Karena untuk membidik wisman atau wisatawan nusantara, lokasi yang dipilih ada di border area. Satunya Batam di Kepri dan Pontianak di Kalimantan Barat.
Keduanya sangat matching bila dikaitkan dengan crossborder tourism yang kerap dikibarkan Menpar Arief Yahya melalui Festival Wonderful Indonesia di daerah perbatasan. Selain itu, destinasi wisata kuliner di Batam dan Pontianak sudah tidak asing di lidah pemburu kuliner asal Malaysia dan Singapura.


"Batam dan Pontianak karena keduanya ada di border area. Kedua kota itu sangat potensial mendatangkan wisman, terlebih kuliner olahan dua kota itu sudah tidak asing dengan negara tetangga," ujar Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti.

Selain dua kota tersebut kemenpar juga akan melakukan audisi di 9 kota lainnya. Audisi akan digelar di 11 kota, Biak Papua (11 Juli), Batam (16 Juli) dan Gorontalo (18 juli) serta delapan daerah lain nya seperti sumbar, kalbar,Jawa Barat, Yogya, Solo, NTB, NTT dan Sulawesi Selatan.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x