Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 18:12 WIB

Menkes Imbau Ibu Hamil Tua Jangan Pergi Jauh

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 3 Juli 2017 | 15:30 WIB
Menkes Imbau Ibu Hamil Tua Jangan Pergi Jauh
Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek menghimbau kepada para ibu yang sudah memasuki usia kehamilan trimester ketiga, atau hamil tua, tidak melakukan perjalanan jauh.

Hal tersebut berkaca dari kejadian seorang ibu bernama Sukiati (43) yang melahirkan darurat di pinggir jalan Tol Cipali KM 28, pada Minggu (02/07/2017).

"Saya sudah bilang waktu di terminal Senen itu, untuk ibu hamil di pesawat itu sudah jelas tidak boleh usia 7 bulan, di kereta api pun harus mencatatkan diri. Kalau di bus belum. di Bus itu harusnya ada menandatangani. Sulit juga ya orang hamil tidak boleh pulang. tapi bahayanya itu. Tolong deh, nauin diri saja. Sudah hamil tua. Sebenarnya 7 bulan sudah mulai bahaya, ngalah dikit untuk tinggal di rumah," papar Menteri Kesehatan RI, Nilla F Moeloek saat ditemui usai menggelar Halal Bi Halal di halaman kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Senin (03/07/2017).

Masih menurutnya, hal yang paling ditakutkan adalah ketika melahirkan tanpa adanya kontraksi dan calon bayi langsung keluar dari rahim. Hal tersebut tentu perlu penanganan yang cepat dan tepat.

Perlu diketahui, Sukiati dan buah hatinya dalam keadaan selamat dan sehat. Sukiati melahirkan bayi perempua dengan panjang 45 cm dan berat 2,3 kilogram. Saat proses persalinan darurat, Sukiati mendapat bantuan oleh petugas dari Kepolisian. Peristiwa tersebut menjadi viral di media sosial.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x