Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 28 Juli 2017 | 03:36 WIB

Apakah Sulit Menghindari Makanan Cepat Saji?

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 3 Juli 2017 | 12:45 WIB
Apakah Sulit Menghindari Makanan Cepat Saji?
(Foto: zeenews)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Pastinya, banyak diantara kita menyadari bahwa makanan cepat saji tidak sehat untuk anak - anak. Namun, hal ini terkadang tidak bisa menghindari situasi tersebut?

Mengutip dari zeenews, Senin (03/07/2017), jika Anda termasuk orang tua yang sibuk, terkadang ingin mencari hal - hal yang praktis terutama untuk makan. Meski banyak ditemukan makanan cepat saji, perlu diperhatikan bahwa makanan tersebut mengandung kalori yang tinggi, gula, dan sodium yang tinggi juga.

"Keluarga perlu menemukan tempat yang bisa memasukkan makanan cepat saj dengan cara yang masuk akal dan sehat sehingga anak - anak dapat belajar menyesuaikannya ke dalam kehidupan," kata Jill Castle, ahli gizi.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat disimak untuk orangtua saat berada di restoran cepat saji bersama anak - anak.

1. Jangan pernah meninggalkan rumah tanpa makanan ringan.

"Jika memungkinkan, berhentilah di toko bahan makanan atau persediaan makanan ringan yang sehat terlebih dahulu, seperti potongan buah, keju dan yogurt, yang harganya lebih murah dari menu makanan cepat saji," kata Victoria Stein Feltman, ahli diet terdaftar dan salah satu pendiri Apple dari Zucchini, sumber makan sehat untuk orang tua dan keluarga.

2. Pilih ukuran sesuai usia untuk makanan

Makanan anak sering menjadi pilihan yang baik, terutama karena porsi biasanya lebih kecil.

"Selain memilih opsi ukuran, porsi makanan biasa di restoran makanan cepat saji cenderung besar dan terlalu besar untuk anak-anak," kata Nicole Silber, ahli diet terdaftar dan ahli gizi anak yang berbasis di New York.

3. Pilih buah ketimbang kentang goreng

"Menambahkan buah-buahan, sayuran dan makanan olahan susu membantu melengkapi makanan dan membuatnya seimbang," kata Castle, yang juga penulis buku "Fearless Feeding: Bagaimana Menaikkan Pelahap Sehat dari Ketua Tinggi ke Sekolah Menengah Atas."

4. Tentukan makanan penutup - terlebih dahulu

"Miliki keputusan itu (tentang makanan penutup) yang dibuat sebelum Anda pergi," kata Castle.

"Jika makanan penutup akan menjadi bagian dari makanan, biarkan menjadi bagian dari makanan. Melakukan hal ini membuat es krim menjadi bagian makanan yang jauh lebih berharga, menurut Castle. (tka)

 
x