Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 18:16 WIB

Hobi Belanja Online, Utamakan Pilih Produk Asli

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 21 Juni 2017 | 14:15 WIB
Hobi Belanja Online, Utamakan Pilih Produk Asli
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kini makin marak penjualan produk lewat online. Mulai dari produk makanan, pakaian, hingga kebutuhan pokok lainnya. Namun, harus diperhatikan, yang terpenting adalah megutamakan pembelian produk asli.

Untuk itu, para konsumen penggemar belanja online bisa terlebih dahulu memastikan apakah produk tersebut asli atau palsu. Ini sangat penting untuk menjaga kualitas agar tetap terjaga.

Menurutu Widyaretna Buenastuti, Ketua MIAP (Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan) di kesempatan yang sama menegaskan, pendaftaran merek memberikan keamanan bagi produsen dan sekaligus memberikan kenyamanan bagi konsumen.

"Bulan lalu kita melakukan sosialisasi UU Merek ke para pendaftar di DJKI. Ini penting karena ada sejumlah ketentuan baru di dalam UU Merek. Misalnya soal Merek Terkenal yang sering disengketakan," kata Widyaretna di Jakarta, Selasa (20/06/2017).

Widyaretna juga mengingatkan konsumen akan menjamurnya online shoping yang berisiko didominasi barang palsu alias asli tetapi kualitas 1-2.

"Jadi penjual produk secara online harus memastikan hak konsumen untuk menikmati produk asli. Karena gambar yang di internet beda dengan barang yang diterima, seringnya begitu," tambahnya.

Selain itu, MIAP juga bekerjasama dengan pihak Kepolisian untuk mencegah peredaran produk palsu di lapangan, dan giat mengkampanyekan semangat Peduli Asli.

"Kami bersama kepolisian kemarin (19 Juni 2017) melakukan penindakan terhadap pemalsuan produk kacamata merek Ray Ban dan Oakley di Bandung. Kita amankan sekira 22 ribu pieces," papar Sekjen MIAP, Justisiari Kusumah. (tka)

Komentar

 
Embed Widget

x