Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Agustus 2017 | 06:19 WIB

Amy Atmanto Berkarya Bersama Kaum Disabilitas

Oleh : Aris Danu | Minggu, 18 Juni 2017 | 21:43 WIB
Amy Atmanto Berkarya Bersama Kaum Disabilitas
(Foto: Inilahcom/Aris Danu)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta-Desainer kenamaan Amy Atmanto terus menggalakkan kegiatan sosial bagi kaum disabilitas lewat Rumah Internet Atmanto (RIAT) dan Rumah Kreatif Amy Atmanto.

Perempuan yang telah meraih puluhan penghargaan, diantaranya dari Menteri Pariwisata, Pembina Industri Kreatif, dan Kartini Award (piala Ibu Negara 2011) itu ingin mengajak kaum disabilitas mandiri dengan kemampuan yang mereka miliki. Terutama dibidang fashion.

"Pada intinya saya ingin berbuat baik dengan mereka yang membutuhkan. Kita bisa sedekah dengan apa yang kita punya. Saya hanya punya ilmu itu (desainer), ya saya berbagi kepada mereka," kata Amy saat berbuka puasa dengan kaum disabilitas di RIAT, jalan Pengadegan Utara no.14, Jakarta Selatan, Jumat (16/6/2017).

Amy bercerita, RIAT berawal dari Rumah Kreatif Amy Atmanto yang ia dirikan pada 2008 silam. Ketika itu Amy melatih kaum disabilitas dan dhuafa serta janda marjinal. Berawal dari situlah Amy kemudian mendirikan RIAT.

"Mereka itu dari nol, kemudian kita latih dan sekarang alhamdulillah sudah bisa menghasilkan dari kreativitas yang sudah diajarkan," paparnya.

Kini, jiwa sosial itu diturunkan kepada kedua anaknya, Adam dan Faiz. Meraka lah yang kini mengelola RIAT karena keduanya menguasai teknologi sehingga bisa berbagi ilmu tentang komputer dan teknologinya.

"Anak saya itu kan mengerti teknologi, ilmunya di sana. Makanya sesuai dengan ilmunya, ya mereka berbagi," ujar Amy.

Beberapa program yang telah dilakukan antara lain pelatihan pengenalan internet dan internet marketing bagi penyandang disabilitas, diskusi terbatas internet marketing oleh komunitas Kartunet, pelatihan penulisan kreatif "Menulis ala Blogger Reportase" oleh komunitas elemen Reporter Indonesia, pelatihan softskiils dan character buildina bagi kaum marginal dan penyandang disabilitas.

"Kita juga menerima pendaftaran untuk mereka yang mau bergabung. Kita ingin mencerdaskan. Selain itu, kita juga mengajak semua pihak untuk ikut bergabung dan bekerja sama mencerdaskan mereka," pungkasnya. [adc]

 
Embed Widget

x