Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Agustus 2017 | 06:23 WIB

Jangan Langsung Tidur Setelah Makan

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Sabtu, 17 Juni 2017 | 15:45 WIB
Jangan Langsung Tidur Setelah Makan
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Setelah konsumsi makanan, tidak jarang banyak orang langsung tidur. Hal ini ternyata tidak baik untuk kesehatan.

Menurut Dr. Antono Sutandar, SpJP(K) dari Rumah Sakit Siloam Hospital Kebon Jeruk, banyak orang yang kerap tidur atau berbaring setelah makan. Ini sebenarnya akan memicu terjadinya peningkatkan asam lambung. Asam Lambung atau biasa yang dikenal dengan GERD, dapat terjadi pada tubuh 1 - 2 jam setelah makan.

"Kita bisa tanyakan kepada orang yang menderita hal itu apakah dia makan pedas, asam, atau banyak yang mengandung minyak. Kemudian, konsumsi teh, kopi, minuman soda, juga sangat berpengaruh, terutama juga makanan yang berlemak," papar Dr. Antono Sutandar, SpJP(K) dari Rumah Sakit Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta, baru - baru ini.

Lebih lanjut dia menambahkan, ada hal yang tidak kalah penting yang harus diingiat bahwa ketika setelah makan biasanya penderita GERD langsung tidur. Kondisi tersebut yang bisa membedakan dari penderita asam lambung dan penyakit jantung koroner.

"Penyakit asam lambung ini membaik dengan konsumsi obat maag dan air. Kalau konsumsi makan lagi, biasanya orang yang mengalami maag akan kurang baik," tambahnya.

Masih menurutnya, semakin orang gemuk, semakin terjadi tekanan pada perut. Hal ini menjadikan orang gemuk kerap mengalami penyakit asam lambung. (tka)

 
x