Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Oktober 2017 | 18:27 WIB

Kenali Karakteristik Penyakit Jantung Koroner

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 16 Juni 2017 | 17:30 WIB
Kenali Karakteristik Penyakit Jantung Koroner
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Penyakit Jantung Koroner (PJK) menjadi salah satu Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dapat menyebabkan kematian.

Menurut Dr. Antono Sutandar, SpJP(K) dari Rumah Sakit Siloam Hospital Kebon Jeruk, menjelaskan, penyakit jantung koroner itu ditandai bisa sakit dada lebih dari 2 jam. Munculnya saat melakukan aktifitas.

"Kalau naik tangga abis makan terus naik tangga suka sakit. Pada saat anda makan jantung itu harus bekerja lebih keras. Aliran darah ke organ - organ pencernaan harus lebih keras. Kalau abis makan dan beraktifitas itu seperti buat stress pada jantung," papar Dr. Antono Sutandar, SpJP(K) saat ditemui di RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, baru - baru ini.

Masih menurutnya, terdapat pula karakteristik lainnya yaitu timbul nyeri dada sekitar 5 - 15 menit. Kadang - kadang yang menjadi masalah, ketika orang yang merasakan hal tersebut mengkonsumsi air, dan mereka sudah merasakan hal yang lebih baik.

"Ini menjadi kecurigaan saat diperiksa. Penyakit jantung itu keluhannya sesak napas. Kalau pembuluh jantung itu keluhannya di dada dan perut bagian atas. Kalau daerah yang terlibat cukup luas, dia juga bisa merasakan sesak. Kalau kelainan otot dan katup antung mereka cepat lelah dan sesak napas," ungkapnya.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x