Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 21 Agustus 2017 | 17:23 WIB

Aktif Bergerak Kunci Hidup Sehat

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 16 Juni 2017 | 15:30 WIB
Aktif Bergerak Kunci Hidup Sehat
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Masyarakat diharapkan aktif bergerak sesuai dengan kemampuan dan kondisi tubuh masing - masing.

Untuk para pemula, dapat dimulai dengan jalan atau jalann cepat selama 10 menit, setelah itu, durasi ditingkatkan secara bertahap. Setelah mencapai durasi 30 menit, latihan fisik dapat diganti dengan aktivitas lain seperti bersepeda, berenang, dan senam aerobik.

Menurut dr. Lily S. Sulistyowati, MM, Direktur Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular menjelaskan, Kementerian Kesehatan RI, menghimbau seluruh masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat guna mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM). Gaya hidup sehat tercermin melalui gerakan CERDIK yang diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan RI.

"CERDIK itu adalah Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet Seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres," kata dr. Lily S. Sulistyowati, MM, Direktur Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular di acara bertajuk Rutin Aktivitas Fisik, Keluarga Terhindar Penyakit Tidak Menular saat ditemui RPTRA Taman Kenanga, Jakarta, baru - baru ini.

Perlu diketahui, berdasarkan data dari Riskesdas 2013, angka kejadian PTM semakin meningkat dan menjadi penyebab kematian terbesar di Indonesia Penyakit itu diantaranya hipertensi (25,8 persen), Obesitas (15,4 persen), stroke (12,1 persen), diabetes melitus (2,3 persen), penyakit jantung koroner (1,5 persen), dan gagal ginjal kronis (0,2 persen). (tka)

 
Embed Widget

x