Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 20 Agustus 2017 | 09:21 WIB

Cara Didik Perempuan Mengatur Manajemen Keuangan

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 15 Juni 2017 | 21:30 WIB
Cara Didik Perempuan Mengatur Manajemen Keuangan
Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S Soetiono (kiri) bersama President Director PT Visa Worldwide Indonesia, Harianto Gunawan (kanan) saat peluncuran #IbuBerbagiBijak di Jakarta - (Foto: Inilahcom/Agus Priatna)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mengajarkan para perempuan untuk mengatur manajemen keuangan sangat penting. Hal ini berkaitan dengan kehidupan rumah tangga yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan ekonomi.

Menurut anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Kusumaningtuti S. Soetiono, menjelaskan bahwa tahun 2017 perempuan dan ibu rumah tangga menjadi target edukasi dalam rangka implementasi Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI).

"Ini dilakukan untuk mengatasi masalah yang dialami para perempuan dalam rumah tangga yang mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan keluarga," papar Kusumaningtuti S. Soetiono saat ditemui di acara Visa luncurkan program literasi keuangan #IbuBerbagiBijak di kawasan Jakarta Pusat, baru - baru ini.

Masih menurutnya, OJK berupaya untuk mendorong para perempuan dan ibu rumah tangga agar menjadi cerdas, mandiri secara finansial, dengan berbagai program eduasi keuangan.

"Sejalan dengan hal ini,. OJK sangat mengapresiasi dan mendukung program #IbuBerbagiBijak yang diselenggarakan oleh Visa. Ini diharapkan setelah mengikuti program tersebut, para peserta memiliki pemahaman dan keterampilan dalam mengelola keuangan yang lebih baik dan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga," tambahnya.

Harianto Gunawan selakuk Presiden Direktur PT. Visa Worldwide Indonesia meyakini bahwa pengetahuan finansial mampu memberdayakan masyarakat agar dapat mengelola keuangan mereka menjadi lebih baik serta dapat membantu menciptakan kesejahteraan keluarga, negara dan diri sendiri.

"Perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam mengelola keuangan rumah tangga dan memberikan pendidikan keuangan kepada anggota keluarga," papar Harianto Gunawan.

Masih menurutnya, membakali perempuan melalui berbagai keterampilan keuangan serta mendorong mereka untuk ikut berperan di dalam menyebarluaskan pengetahuan tersebut, diharapkan dapat memberikan dampak yang luas dan bermanfaat bagi masyarakat secara umum. (tka)

 
Embed Widget

x