Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 19:51 WIB

Jangan Abaikan Nyeri di Ulu Hati

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 15 Juni 2017 | 15:31 WIB
Jangan Abaikan Nyeri di Ulu Hati
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILACOM, Jakarta - Tidak sedikit orang yang mengabaikan nyeri pada ulu hati saat puasa sebagai gejala dari penyakit lambung. Padahal nyeri ini bisa dari Penyakit Jantung Koroner (PJK).

Menurut Dr. Antono Sutandar, SpJP(K) dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk Jakarta, Rabu (14/06/2017) menjelaskan, keluhan penyakit dari jantung tersebut bisa menyerupai penyakit lambung, dan batu empedu. Otak mendapat referensi tertentu dari organ - organ tubuh. Setiap orang, memang memiliki keluhan berbeda - beda.

Keluhan - keluhan lambung yang meningkat pada saat berpuasa adalah, Gastroesaphageal Reflux Disease (GERD), yang muncul 1 - 2 jam setelah makan dengan pencetus makanan pedas, asam, dan berlemak. Kemudian, minuman kopi dan teh, serta berbaring setelah makan. GERD akan membaik setelah minum obat antasida.

Kemudian, Gasritis (maag) akan muncul lebih dari 2 jam setelah makan dengan pencetus makanan pedas, asam, dan berlemak, minuman kopi dan teh, serta obat - obatan tertentu. Keluhan maag akan berkurang setelah minum obat antasida.

"Batu empedu, muncul lebih dari 2 jam setelah makan dengan pecetus makanan tinggi lemak santan, dan keluhan tidak akan berkurang setelah minum obat antasida," kata Dr. Antono Sutandar, SpJP(K).

Selanjutnya adalah PJK, yang muncul ketika setelah makan dan saat beraktivitas. Ini biasanya keluhan akan bertambah walaupun penderita minum obat antasida.

"PJK disebabkan oleh penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah koroner jantung yang membuat jantung kekurangan oksigen dan nutrisi untuk memompa darah. Penyempitan atau penyumbatan ini terjadi karena adanya proses penumpukan lemak di dinding pembuluh darah yang berlangsung secara bertahap," tambahnya.

Keluhan PJK ini sangat bervariasi. Biasanya berupa nyeri di dada yang dirasakan pada daerah bawah tulang dada agak sebelah kiri, dengan rasa seperti beban berat, ditusuk - tusuk, rasa terbakar yang kadang menjalar ke rahang, lengan kiri, dan belakang punggung, kemudian disertai keringat yang banyak.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x