Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 00:28 WIB

Tips Jalani Aktivitas Fisik Maksimal

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 14 Juni 2017 | 15:40 WIB
Tips Jalani Aktivitas Fisik Maksimal
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketika berolahraga, Anda harus memperhatikan setiap kegiatan yang dijalani. Lantas, bagaimana caranya?

Menurut dr. Michael Triangto, Sp.KO, Dokter Spesialis Keolahragaan pada acara yang bertajuk Rutin Aktivitas Fisik, Keluarga Terhindar Penyakit Tidak Menular saat ditemui RPTRA Taman Kenanga, Jakarta, Selasa (13/06/2017), aktivitas fisik harus dilakukan sesuai dengan prinsip Baik Benar Terukur dan Teratur (BBTT).

"Menjalankan aktivitas fisik harus sesuai dengan kemampuan diri. Intinya, setiap orang harus mengukur diri, apakah dirinya kuat menjalankan olahraga atau aktivitas fisik yang berat, atau hanya cukup dengan olahraga ringan," papar dr. Michael Triangto, Sp.KO, Dokter Spesialis Keolahragaan.

Berikut adalah prinsip BBTT yang dapat Anda simak.

1. Aktivitas fisik yang baik adalah aktivitas fisik yang disesuaikan dengan kondisi fisik dan kemampuan supaya tidak menimbulkan dampak yang merugikan, dilakukan di lingkungan yang sehat, aman, nyaman, tidak rawan cedera, menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman.

2. Aktivitas fisik yang benar adalah aktivitas fisik yang dilakukan secara bertahap dan dimulai dari latihan pemanasan (termasuk peregangan), latihan inti (latihan pada intensitas yang dituju), latihan pendinginan termasuk peregangan.

3. Aktivitas fisik yang terukur adalah aktivitas fisik yang dilakukan dengan mengukur intensitas dan waktu latihan.

4. Aktivitas fisik yang teratur adalah aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur 3 - 5 kali dalam seminggu dengan selang waktu istirahat. (tka)

Komentar

 
Embed Widget

x