Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 28 Juni 2017 | 19:14 WIB
Hide Ads

Yuk, Kunjungi Festival Danau Sentani 2017

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 13 Juni 2017 | 10:30 WIB
Yuk, Kunjungi Festival Danau Sentani 2017
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Festival Danua Sentani (FDS) 2017 kembali digelar di kawasan wisata Khalkhote, Sentani Timur, Papua. Acara tersebut akan diselenggarakan pada 19 - 23 Juni 2017.

Penyelenggaraan festival budaya ini masuk tahun 10 dalam rangka melestarikan dan mengembangkan budaya masyarakat serta meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) dan wisatawan nusatara (wisnus) ke Sentani dan Papua.

FDS 2017 sebagai festival tahunan yang masuk dalam calender of event pariwisata nasional ini akan dimeriahkan dengan tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara ada penobatan Ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua sebagai bagian dari nilai seni budaya dan kreatifitas masyarakat yang ada di sekitar Danua Sentani yang terus dikembangkan.

Menurut Raseno Arya selaku Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata (Kemenpar), penyelenggaraan festival FDS ini mempunyai peran penting sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan nilai seni budaya dan kreatifitas masyarakat yang ada di sekitar Danau Sentani melalui kegiatan pariwisata.

"Pariwisata memberikan dampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat, kegiatan FDS 2017 diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan," kata Raseno Arya saat ditemui di kantor Kementerian Pariwisata RI, Jakarta, Selasa (13/06/2017).

Dia menambahkan, kegiatan ini adalah yang menjadi andalan dari Kementerian Pariwisata. Banyak budaya yang akan ditampilkan, festival kuliner, penampilan seni - seni dari provinsi Papua.

"Budaya - budaya yang ada di Papua ini sangat luar biasa," tambahnya.

Ikon festival kali ini adalah Rumah Suku dengan tema Cipta Budaya. Alasannya, menurut Chris Kores Tokoro Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jayapura, adalah akhir - akhir ini dia merasakan banyak bergejolak keadaan di lingkungan. Lewat kegiatan ini, pihaknya ingin mengajak masyarakat untuk bersama - sama bergandengan tangan.

"Semangat kehidupan dalam Rumah Suku ini mengajak kita semua dalam keserasian di Republik Indonesia untuk hidup bersama. Papua tanah damai mengajak elemen bangsa untuk bersama - sama. Setiap anak bangsa, punya kewajiban untuk menjaga bangsa ini," papar Chris Kores Tokoro.

Masih menurutnya, adapun beberapa kegiatan yang digelar adalah pawai budaya, festival kuliner, pertunjukan kesenian, pameran budaya, promosi daya tarik wisata, tour wisata Danau Sentani untuk melihat obyek wisata budaya, alam dan buatan yang ada di sekitar tepian danau. (tka)

 
Embed Widget

x